WAYANG. Pementasan wayang kulit pembuka yang dimainkan Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang beserta para sinden dan karawitan dari jajaran Polres Magelang Kota dan Anggota dari Kodim 0705/Magelang. (foto: prokompimkabmgl)
Siedoo.com - WAYANG. Pementasan wayang kulit pembuka yang dimainkan Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang beserta para sinden dan karawitan dari jajaran Polres Magelang Kota dan Anggota dari Kodim 0705/Magelang. (foto: prokompimkabmgl)
Daerah

Kodim 0705/Magelang Gelar Pentas Wayang Kulit, Dalang Pembuka Kapolres

MAGELANG, siedoo.com – Pentas kesenian wayang kulit semalam suntuk bersama Ki Dalang Nardi Widodo digelar dalam Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI. Pentas dengan lakon Bimo Krido tersebut digelar Kodim 0705/Magelang.

———

Tema yang diangkat, ‘TNI Patriot NKRI sebagai Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju. Pentas digelar di halaman Kodim 0705/Magelang, Jumat (6/10/2023).

Dandim Kodim 0705/Magelang, Letkol Inf Jarot Susanto menyampaikan, pagelaran wayang kulit ini memberikan pesan moral dan nasehat dalam rangka menyambut HUT TNI ke-78.

Tujuan dari kegiatan ini, salah satunya untuk melestarikan kebudayaan dan kearifan lokal khususnya wayang kulit yang merupakan diantara kesenian budaya dari tanah Jawa yang terus di budayakan diuri- uri untuk digaungkan oleh seluruh warga masyarakat kota maupun kabupaten Magelang.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung atas pelaksanaan pagelaran wayang kulit dalam rangka memperingati hari jadi TNI, sehingga rangkaian acara demi acara dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ucap Jarot.

Ia menambahkan bahwa momentum pagelaran wayang kulit bersama Ki Dalang Nardi Widodo ini juga sebagai sarana untuk menciptakan rasa kebersamaan, semangat gotong- royong dan sinergitas antar instansi yang ada di Magelang.

Untuk diketahui bahwa pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini juga dilakukan secara serentak melalui vicon di 78 titik lokasi baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono dari Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Hadir dalam pagelaran seni wayang kulit di Kodim 0705/Magelang, Bupati Magelang Zaenal Arifin, Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, Wakil Walikota Magelang K.H. Drs. M. Mansyur dan segenap tamu undangan lainnya.

Baca Juga :  Kompetisi Enduro Race Piala Bupati Magelang Bakal Digelar, Berikut Total Hadiahnya

Menariknya, sebelum pementasan wayang kulit utama juga dilakukan pementasan wayang kulit pembuka yang di mainkan oleh Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang beserta para sinden dan karawitan dari jajaran Polres Magelang Kota dan Anggota dari Kodim 0705/Magelang.

Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam hal ini sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara pagelaran wayang kulit dalam rangka peringatan HUT TNI ke-78 ini. Menurutnya, pagelaran wayang kulit ini sangat istimewa dimana dilakukan di 78 lokasi yang berbeda, baik di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga memecahkan rekor Muri pertama kali di Indonesia, bahkan di dunia.

“Sangat luar biasa sekali, karena pagelaran wayang kulit ini di mainkan di 78 lokasi sekaligus bahkan juga di mainkan sampai di luar negeri. Tentu ini akan semakin mengangkat kesenian wayang kulit baik di dalam negeri bahkan sampai keluar negeri,” kata, Zaenal Arifin.

Pada kesempatan yang sama, Zaenal Arifin juga tampak kagum atas pementasan wayang kulit yang dimainkan langsung oleh Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda beserta jajarannya dan jajaran Kodim 0705/Magelang.

“Kagum sekali melihat Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda ini tadi mampu memainkan wayang kulit dengan sangat fasih. Tentu ini juga membawa pesan bagi kita semua bahwa kita juga harus melestarikan dan mencintai kesenian wayang kulit ini,” ujar Zaenal. (prokompim/kabmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?