BENDERA. Pengibaran Bendera Merah Putih dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi RI tingkat Kota Magelang yang dipusatkan di Lapangan Rindam IV/ Diponegoro Magelang, Kamis 17 Agustus 2023. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - BENDERA. Pengibaran Bendera Merah Putih dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi RI tingkat Kota Magelang yang dipusatkan di Lapangan Rindam IV/ Diponegoro Magelang, Kamis 17 Agustus 2023. (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Gubernur Jateng Nyatakan Cita-cita Kemerdekaan Bukan Sekadar Bebas dari Penjajahan

MAGELANG, siedoo.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa cita-cita kemerdekaan bukan sekadar bebas dari penjajahan. Persatuan, kebersamaan, kemakmuaran, kemajuan, penguasaan ilmu pengetahuan, penghormatan sesama warga dunia adalah impian kemerdekaan para pejuang.

———

“Tapi tentu kita sadar, untuk mewujudkan impian itu dan menjadikannya berkah di bumi Nusantara, bukanlah perkara gampang,” tulis Ganjar dalam sambutan yang dibacakan Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz.

Wali Kota Magelang bertindak sebagai inspektur upacara dan Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno sebagai pembaca naskah pembukaan UUD NRI 1945.

Hal itu disampaikan dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi RI tingkat Kota Magelang yang dipusatkan di Lapangan Rindam IV/ Diponegoro Magelang, Kamis 17 Agustus 2023.

Dia juga tidak bisa diupayakan oleh satu golongan apalagi satu orang. Semua pihak harus melakukan kerja seoptimal mungkin, harus melantunkan doa sekhusuk-khusuknya. Dan saya yakin, selama ini seluruh elemen kehidupan di Jawa Tengah telah melakukan kerja keras sekaligus menyampaikan doa terbaik,” ungkap Ganjar.

Lepas upacara Detik-Detik Proklamasi, Dokter Aziz beserta jajarannya dan pejabat Forkopimda mengikuti kegiatan pemberian remisi umum kepada sebanyak 339 orang warga binaan yang memenuhi syarat, di lembaga pemasyarakat (Lapas) kelas IIA Magelang.

Untuk informasi, sebelum peringatan HUT ke-78 RI, digelar Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI di Kantor DPRD Kota Magelang. Kemudian, malam tasyakuran dan doa bersama lintas agama di tempat-tempat ibadah di sekitar Alun-alun Kota Magelang.

Dilanjutkan Apel Kehormatan Renungan Suci di TMP Giri Dharma Loyo 1 Kota Magelang pada Rabu (16/8/2023) pukul 23.30 WIB. Rangkaian HUT Ke-78 RI diakhiri dengan aubade dan penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Rindam IV Diponegoro pukul 16.00 WIB.

Baca Juga :  Apresiasi, Berani Gratiskan Sekolah Swasta

Detik-Detik Proklamasi RI diikuti oleh seluruh pejabat Forkopimda Kota Magelang, pejabat di lingkungan Pemkot Magelang, perwakilan instansi/lembaga daerah, TNI, Polri, pelajar dan masyarakat Kota Magelang.

Pengibaran bendera merah putih sukses dilaksanakan oleh Paskibra Kota Magelang Tahun 2023 meskipun di bawah hujan gerimis.

Sementara masyarakat menghentikan aktivitas tepat pukul 10.00 WIB, seperti di setiap traffic light simpang jalan utama dan di pusat-pusat perbelanjaan. Masyarakat berdiri dengan sikap hormat selama 1 menit.

Momentum upacara HUT ke-78 RI diisi dengan penyerahan tanda kehormatan Presiden RI “Satya Lancana Karya Satya” kepada 75 orang PNS Kota Magelang yang telah menunjukkan pengabdian kepada negara dan masyarakat selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

“Semoga penghargaan ini dapat menambah semangat pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat, serta menjadi inspirasi bagi kita semua, baik ASN maupun masyarakat pada umumnya,” kata Dokter Aziz. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?