DIALOG. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz saat berdialog dengan kontingen. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - DIALOG. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz saat berdialog dengan kontingen. (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Wali Kota Magelang Lepas Kontingen Kwarcab Pramuka, Siap Ikuti Jambore Rainas ke XII

MAGELANG, siedoo.com – Kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Magelang dilepas wali kota. Mereka hendak mengikuti Jambore Raimuna Nasional (Rainas) ke XII Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta, pada 12-21 Agustus 2023.

———

Upacara pelepasan dilakukan di Pendopo Pengabdian, Senin 7 Agutus 2023. Kontingen terdiri dari 32 peserta Pramuka Penegak dan Pandega.

Mereka meliputi pelajar dan mahasiswa yang sebelumnya telah diseleksi dan dilatih scouting skill-nya (keahlian kepramukaan). Mereka juga akan didampingi pendamping dan tim kesehatan.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Magelang, Hamzah Kholifi menjelaskan, Jambore Rainas 2023 adalah salah satu kegiatan dalam kalender nasional yang diikuti oleh Penegak dan Pandega (tingkat pelajar SMA/SMK dan mahasiswa). Tahun lalu, Kwarcab Kota Magelang mengikuti kegiatan sama untuk Penggalang.

“Mereka (peserta) sudah lama persiapannya, kita tempa dan lantik jadi Pramuka Garuda, skill mereka semakin banyak. Mereka siap dan berharap memberikan hasil terbaik untuk Kwarcab Kota Magelang,” papar Hamzah.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menyampaikan para peserta termasuk anak-anak hebat sehingga terpilih mewakili Kota Magelang ke ajang Jambore Rainas 2023. Ini merupakan tahap yang bagus sebelum benar-benar terjun ke masyarakat.

“Saya bangga banget, terus kuatkan kepemimpinannya. Anda sudah sampai tahap yang lumayan tapi masih panjang untuk bisa sampai terjun ke masyarakat. Belajar yang betul-betul tekun dan bersungguh-sungguh,” tutur saat acara pelepasan.

Dokter Aziz berpesan, sebagai generasi muda, mereka harus tetap teguh memegang agama masing-masing sebagai pedoman menghadapi godaan dan tantangan zaman saat ini dan di masa depan. Menurutnya, godaan dan tantangan generasi Z jauh lebih berat di era serba digital ini.

“Anak muda sekarang adalah “Warga Internet”, dengan mudah berselancar kemana-mana, bisa download apa saja. Itu lah kamu generasi Z, maka pegang agama erat-erat. Godaan dan tanganmu di perjalanan itu berat,” tegasnya.

Baca Juga :  SD Mutual 2 Harumkan Kota Magelang dalam Lomba MAPSI Tingkat Jateng

Sementara itu, Wakil Ketua Pembina Generasi Muda (Waka Bina Muda), Nurwiyono menambahkan, kontingen Kota Magelang diharapkan bisa bisa berbagi ilmu dengan kontingen dari seluruh Indonesia. Selanjutnya hasilnya bisa ditularkan oleh adik-adik di Kota Magelang.

“Raimuna itu ada berbagai kegiatan dan mereka akan unjuk kebolehan, termasuk scouting skill-nya diuji di sana, jadi pasti banyak pengalaman kepramukaannnya di sana. Sekaligus memotivasi untuk adik-adik Pramuka Kota Magelang,” ungkapnya.

Harapan kedepan dari kegiatan Pramuka ini adalah terwujudnya karakter generasi yang tanggap, tangguh, tanggon, serta memiliki nasionalisme dan religius yang tinggi sehingga menjadi pemimpin-pemimpin yang hebat di masa datang. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?