ITS. Tim Nogogeni ITS yang diwakili (dari kiri) Naufal Hedi Arrizky,Yufi Rizky Amalia, Zhiddan Kholid Fanani, Amirul Annas, Firmansyah Permadi Rastanto, dan Bintang Talytha. (foto: its)
Siedoo.com - ITS. Tim Nogogeni ITS yang diwakili (dari kiri) Naufal Hedi Arrizky,Yufi Rizky Amalia, Zhiddan Kholid Fanani, Amirul Annas, Firmansyah Permadi Rastanto, dan Bintang Talytha. (foto: its)
Daerah

ITS Ikuti Periklindo Electric Vehicle Show 2024, Hadirkan Nogogeni

SURABAYA, siedoo.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) turut berpartisipasi dalam perhelatan akbar Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, sebuah pameran kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara. ITS mengeluarkan mobil hemat energi, Nogogeni.

Partisipasi tim Nogogeni ITS dalam kegiatan yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, 30 April – 5 Mei, tersebut menunjukkan peran sertanya dalam mengembangkan potensi kendaraan listrik di Indonesia.

Technical Manager Nogogeni ITS Yufi Rizky Amalia menjelaskan, dalam pameran ini timnya membawa dua karya unggulan, yakni motor listrik dan mobil urban. Mobil urban berbahan bakar listrik yang ditampilkan yakni Nogogeni VIII EVO dan sepeda motor listrik NG 5000, berhasil menarik perhatian pengunjung.

“Kami sangat senang dengan respons positif dari para pengunjung, hal ini membuktikan bahwa inovasi kami benar-benar mampu mencuri perhatian di masyarakat,” ungkapnya bangga.

Yufi mengatakan bahwa tim riset ini telah mempersiapkan segalanya dengan cermat untuk bisa berpartisipasi dalam pameran bergengsi ini.

Mulai dari merchandise hingga layout penataan, semua telah disiapkan secara teliti. Tim yang terdiri dari berbagai divisi seperti technical, sponsorship, external relation, dan creative media tersebut benar-benar siap untuk berpartisipasi dalam pameran ini.

Menurut Yufi, pameran ini memegang peranan penting dalam mempercepat pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Sebagai pameran terbesar di Asia Tenggara yang secara khusus menghadirkan inovasi dalam industri kendaraan listrik, PEVS memberikan platform yang sangat diperlukan bagi para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, industri, akademisi, dan masyarakat umum untuk saling berinteraksi, berbagi pengetahuan, dan menjalin kemitraan.

Sementara itu, Amirul Annas selaku anggota tim Nogogeni ITS menjelaskan bahwa keunggulan mobil listrik Nogogeni terlihat menonjol karena menggunakan bahan karbon pada body-nya dengan sumber daya mobil yang berasal dari baterai lithium, sehingga memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Baca Juga :  Gairahkan Pramuka di Tingkat Ranting Lewat Pesta Siaga

“Kami bangga bahwa mobil listrik Nogogeni telah menjadi pusat perhatian di pameran ini berkat desainnya yang inovatif dan material berkualitas,” tuturnya.

Mahasiswa yang biasa disapa Annas ini menambahkan bahwa keunggulan lain dari karya yang dibawa timnya adalah keberhasilan mobil urbannya yang telah memenangkan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024.

Yakni dengan mempertahankan juara 1 pada kategori urban listrik yang sudah lima tahun berturut-turut dan meraih juara 1 di kategori urban etanol.

Sedangkan sepeda motor listrik NG 5000 telah berhasil masuk dalam 10 besar finalis dalam kontes PLN Innovation & Competition in Electricity (ICE).

Menurut Annas, dalam pameran ini juga memberi kesempatan bagi timnya untuk memperluas relasi yang mendukung riset pengembangan kendaraan listrik dan juga mendapat perhatian dari berbagai tokoh penting. Termasuk di antaranya dari Presiden RI Joko Widodo yang turut melihat hasil karya tim Nogogeni ITS ini.

Pameran ini juga memberikan kesempatan berharga bagi tim Nogogeni untuk berbagi pengalaman dan bertukar pikiran dengan perusahaan-perusahaan kendaraan listrik.

Interaksi ini sangat berharga karena memungkinkan tim Nogogeni mampu memperluas pengetahuan mereka dalam industri yang terus berkembang dan mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk kementerian, pemerintahan, dan perusahaan swasta.

“Kami dapat bertukar pikiran, belajar dari pengalaman mereka, dan memperluas wawasan kami dalam industri mobil listrik ini,” tambah Annas.

Peran pameran ini sangat berarti bagi anak muda dan industri kendaraan listrik secara keseluruhan.

Selain memotivasi mahasiswa untuk terus melakukan riset dalam pengembangan kendaraan listrik, pameran ini juga memberikan semangat bagi mereka untuk mencari relasi dan menjadikan karya mereka sebagai inspirasi bagi masyarakat.

“Partisipasi kami membuktikan peran krusial anak muda dalam pengembangan industri kendaraan listrik,” imbuh Yufi sekali lagi.

Baca Juga :  Jalan Gubeng Ambles, Ini Tanggapan Pakar dari ITS

Keberhasilan tim Nogogeni dalam mendapatkan dukungan dari berbagai pihak menjadi salah satu momen berkesan dalam pameran ini.

“Kami berkomitmen terus berpartisipasi dalam pameran-pameran serupa di masa depan untuk terus memperkenalkan dan menginspirasi dengan produk-produk unggulan kami,” pungkas Yufi optimistis. (its/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?