PENJELASAN. Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang saat memberikan penjelasan terkait Nataru di Kota Magelang. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - PENJELASAN. Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang saat memberikan penjelasan terkait Nataru di Kota Magelang. (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Berikut Titik Rawan Kriminalitas dan Kemacetan saat Nataru di Kota Magelang

MAGELANG, siedoo.com – Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang mengatakan kepolisian telah menyiapkan operasi Lilin Candi 2023.

———

Hal ini dalam mewujudkan sitkamtibmas yang aman dan kondusif serta memberikan pengayoman/pelayanan kepada masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Yolanda menjelaskan perkiraan ancaman sitkamtibmas yakni terorisme, kejahatan konvensional, giat ibadah, arus mudik/wisata dan bencana alam.

Kemudian beberapa titik rawan kriminalitas dan keramaian meliputi Jalan Soekarno Hatta, TKL Ecopark, Alun-alun dan Terminal Tidar.

Lokasi rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas antara lain di Jalan Pemuda, Simpang Canguk, Simpang Trio, Jalan A Yani (Depan RSI), Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Soekarno Hatta.

Untuk objek PAM Operasi Lilin Candi 2023 meliputi 41 gereja, terminal bus Tidar, pusat perbelanjaan, TKL Ecopark dan Kebun Raya Gunung Tidar serta Alun-alun Kota Magelang.

Hal itu disampaikan High Level Meeting Forkopimda menjelang Nataru 2023 di Aula Adipura Kencana Pemkot Magelang, Selasa 12 Desember 2023.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Magelang, Chrisatrya Yonas Nusantrawan Bolla memaparkan, fokus kesiapan pemerintah daerah dalam menghadapi Nataru adalah Kepokmas, Sarana dan Prasarana, Kesehatan, Keamanan dan Siaga Bencana.

Untuk Kepokmas periode September-November 2023, ada kenaikan harga rata-rata komoditas telur ayam Rp 26.000 per kilogram, cabai Rp 84.000 – Rp 95.000 per kilogram, bawang merah Rp 30.000 per kilogram.

“Sedangkan data Bulog Cabang Magelang, menunjukan bahwa stok komoditas bahan pokok pada posisi cukup aman dan siap apabila diperlukan melaksanakan operasi pasar,” sebut Yonas.

Begitu juga stok BBM di 5 SPBU Kota Magelang dan LPG secara umum mencukupi.

Untuk Sarana Bidang Perdagangan diantara di Pasar Rejowinangun, Gotong Royong dan Kebon Polo.

Baca Juga :  Dispora Kota Magelang Inisiasi Magelang Parekraf Fair 2023, Ini Tujuannya

Pemkot Magelang telah melakukan antisipasi yakni menyiapkan petugas keamanan yang ada harus selalu aktif berpatroli keliling untuk pencegahan tindak kejahatan, mengingatkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan petugas kebersihan agar selalu membersihkan penumpukan sampah.

Sementara untuk posko pengamanan, Pemkot Magelang bekerjasama dengan Polres Magelang Kota dan Kodim 0705/Magelang menyiapkan 4 titik yaitu di kawasan Shopping Center, Terminal Tidar, Simpang Trio dan Gardena.

Kemudian, melakukan survey kondisi infrastruktur jalan Dinas PUPR Kota Magelang bertujuan untuk menentukan kondisi mantap suatu jalan.

Kondisi mantap ialah kondisi jalan yang layak untuk dilalui oleh kendaraan dengan volume yang besar.

“Secara umum kondisi jalan di Kota Magelang dalam kondisi mantap,” imbuh Yonas. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?