DIKUKUHKAN. Wali Kota Muchamad Nur Aziz mengukuhkan Paskibraka Kota Magelang Tahun 2023 di Pendopo Pengabdian, Selasa (15/8/2023). (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - DIKUKUHKAN. Wali Kota Muchamad Nur Aziz mengukuhkan Paskibraka Kota Magelang Tahun 2023 di Pendopo Pengabdian, Selasa (15/8/2023). (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

44 Paskibraka Kota Magelang 2023 Dikukuhkan, Wali Kota: Jiwa Paskibraka adalah Jiwa Indonesia

MAGELANG, siedoo.com – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Magelang Tahun 2023 dikukuhkan Wali Kota Muchamad Nur Aziz di Pendopo Pengabdian, Selasa (15/8/2023). Yang dikukuhkan ada 44 putra-putri SMA/SMK.

———

Anggota Paskibraka yang dikukuhkan akan bertugas pada upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Rindam IV/Diponegoro pada Kamis (17/8/2023).

Dokter Aziz menegaskan, setelah pengukuhan ini, tersemat tanggung jawab bagi para anggota Paskibraka untuk menjadi perintis, teladan bagi lingkungan sekitar juga bagi sesama.

“Jiwa Paskibraka adalah jiwa Indonesia, perilaku Paskibraka adalah perilaku keteladanan. Semangat Paskibraka adalah semangat solidaritas dan pantang menyerah,” tegasnya.

Dokter Aziz mengutip nasihat dari pahlawan nasional, Cipto Mangunkusumo, yang berbunyi “Hari kemudian dari pada tanah kita dan rakyat kita terletak dalam hari sekarang, hari sekarang itu ialah kamu, hari generasi muda”.

“Oleh karenanya, harapan yang tinggi saya titipkan kepada Paskibraka Kota Magelang untuk senantiasa menjadi penggerak dan teladan bagi teman sebaya. Sebab dibalik gagah dan indahnya atribut Paskibraka, ada amanah dan tanggung jawab besar yang harus dijaga,” tandasnya.

Lebih lanjut, menjadi Paskibraka adalah sebuah kehormatan, sebab kesempatan dan kepercayaan untuk mengemban tugas penting, mulia, dan membanggakan ini tidaklah datang kepada semua orang.

“Saya sungguh berharap, anak-anakku Paskibraka Kota Magelang tahun 2023 dapat melaksanakan tugas dengan sungguh- sungguh. Resapi dan hayati setiap detik yang dijalani, tanamkan dalam benak bahwa setiap tetes keringat akan mengantar kita menuju keberhasilan,” pesannya.

Hadir pada acara tersebut Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur, Pj Sekda Kota Magelang Larsita, Pejabat Forkopimda Kota Magelang, pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Magelang, orang tua anggota Paskibraka, pembina dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Magelang.

Baca Juga :  Kerja Keras, Siswa Hasilkan Delapan Medali

Pada kesempatan itu, Dokter Aziz, M. Mansyur dan pejabat Forkopimda Kota Magelang menyematkan Lencana Merah Putih Garuda dan memasang kendit Kecakapan Perintis Pemuda kepada anggota Paskibraka yang dikukuhkan.

Kepala Disporapar Kota Magelang, Sarwo Imam Santoso menambahkan, anggota Paskibraka Kota Magelang 2023 sebanyak 44 siswa terdiri dari 24 putra dan 20 putri.

Dari jumlah tersebut, satu anggota terpilih sebagai Paskibraka Tingkat Nasional atas nama Yustisie Chelsea Awanda dari SMAN 2 Kota Magelang dan telah menjalani pelatihan di Jakarta sejak tanggal 20 Juli 2023.

“Sebelum dikukuhkan, mereka telah menjalani Pemusatan Latihan Pasukan Pengibar Bendera (Puslatda) selama 41 hari mulai tanggal 7 Mei 2023 – 14 Agustus 2023,” sebut Imam.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan Puslatda Paskibraka Kota Magelang Tahun 2023 adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kesadaran untuk senantiasa mensyukuri kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian, mewujudkan kader patriot bangsa, mengembangkan sikap disiplin memupuk semangat kebangsaan serta mempersiapkan Tim Pengibar Bendera Pusaka dalam rangka 17 Agustus 2023. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?