SENI BUDAYA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Pagelaran Seni Budaya di Auditorium Kampus 1. (foto: unimma)
Siedoo.com - SENI BUDAYA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Pagelaran Seni Budaya di Auditorium Kampus 1. (foto: unimma)
Daerah

FKIP UNIMMA Gelar Pagelaran Seni Budaya, Lestarikan Budaya Lewat Jalur Formal

MAGELANG, siedoo.com – Berkolaborasi dengan program studi (prodi) Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) dan prodi Pendidikan Guru-Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Pagelaran Seni Budaya.

———

Acara yang menjadi luaran perkuliahan Pendidikan Seni Musik dan Pendidikan Seni Tari dan Drama ini dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 pada Selasa 6 Februari 2024.

Pagelaran yang ditampilkan seperti karawitan, tari-tarian, paduan suara serta pameran karya seni mahasiswa berupa lukisan dan hasil kerajinan tangan.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ns. Puguh Widiyanto, M.Kep mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa.

“Kita tahu bahwa budaya seni itu menjadi bagian penting dari kehidupan sosial masyarakat. Beberapa penampilan mahasiswa dari kegiatan-kegiatan mengangkat budaya tradisional termasuk kita kadang-kadang diingatkan bahwa budaya kita itu sebenarnya penuh filosofi, kaya akan makna bahkan orang manca mendalami,” tuturnya.

Puguh juga menambahkan, kemampuan seni budaya dapat meningkatkan kompetensi guru-guru yang akan dicetak oleh UNIMMA.

“Suatu saat guru-guru itu jadi guru SD, di sekolah-sekolahnya dia akan membangkitkan kegiatan-kegiatan untuk melatih anak SD. Sehingga, ini bagian dari Upaya kita melestarikan budaya kita melalui jalur pendidikan formal ke sekolah sehingga nanti bisa tumbuh dan berkembang,” jelasnya.

Pejabat Dekan FKIP, Ari Suryawan, M.Pd mengatakan, pagelaran menjadi salah satu wadah akhir setelah mahasiswa mengikuti mata kuliah Seni Budaya.

“Jadi selama satu semester ini, di prodi prodi kami di samping menyelenggarakan kegiatan akademik juga mata kuliah yang bermuatan seni dan budaya,” tandasnya.

“Sehingga, biasanya di akhir semester kami mencoba untuk menampilkan karya-karya mahasiswa kami sebagai bentuk apresiasi agar karya kami untuk bisa dinikmati khalayak umum,” tambahnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Ketrampilan Mahasiswa, Fikes UNIMMA Gelar Pelatihan Akupresur

Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Bagian Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Sugeng Priyadi, SE.

Sugeng menyatakan bahwa budaya menjadi hal penting karena generasi yang sudah banyak tertinggal dan kehilangan jati diri.

“Sebagai PGSD dan PGPAUD menjadi contoh yang utama, yang nanti untuk membangun generasi berikutnya. Kami mulai banyak menyediakan tempat-tempat untuk mahasiswa bisa berkiprah dalam aktivitas seni budaya di Kota Magelang,” tuturnya. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?