Kegiatan

Selamat, Perpustakaan UNIMMA Terakreditasi A

MAGELANG - Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) semakin menunjukkan diri sebagai perguruan tinggi yang unggul dan peduli literasi. Hal ini dibuktikan dengan didapatkannya akreditasi A (Unggul) Perpustakaan UNIMMA oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional dengan nomor 0168/LAP.PT/VIII.2020.

Sebelumnya, telah dilaksanakan asesmen lapangan secara daring pada 27 Agustus 2020 yang dilaksanakan di dua tempat, Aula Fikes Kampus 2 UNIMMA dan perpustakaan pusat kampus 1 UNIMMA. Assesor yang memberikan penilaian adalah Drs. Suprio Utomo, M.Lib. yang merupakan Pustakawan Perpustakaan Nasional.

Jamzanah Wahyu Widayati, S.I.Pust. M.A. selaku Kepala UPT Perpustakaan UNIMMA menyampaikan ucapan terimakasih untuk seluruh pihak yang mendukung.

“Apa yang telah kita laksanakan dan bangun selama ini telah menunjukkan kondisi bagus. Baik itu koleksi ataupun jasa yang kita berikan sudah sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan perpustakaan nasional,” ujar Jamzanah.

Dalam keterangannya, Jamzanah menjelaskan bahwa proses akreditasi harus menyiapkan 6 komponen. Yaitu koleksi, sarana prasarana, pelayanan perpustakaan, sumber daya manusia,  pengelolaan perpustakaan, dan komponen penguat atau kegiatan-kegiatan dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan.

Selain keenam komponen tersebut, keunikan yang dimiliki perpustakaan merupakan nilai lebih yang dimiliki perpustakaan seperti Muhammadiyah Corner, SNI Corner, Asia Foundation Corner, dan Spot Foto. Akreditasi tidak hanya menunjukkan peringkat perpustakaan namun juga menunjukkan keunikan masing-masing perpustakaan.

Harapan ke depan, sesuai dengan masukan-masukan yang diberikan oleh perpustakaan nasional.

“Kita akan lebih memberdayakan perpustakaan dan lebih meningkatkan potensi pustakawan. Sehingga perpustakaan itu lebih memberikan manfaat bagi civitas akademika UNIMMA maupun masyarakat sekitar,” tutur Jamzanah. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?