DILANTIK. Sebanyak 170 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Jabatan Fungsional di lingkungan Pemkot Magelang diangkat dan diambil sumpah janji oleh Wali Kota dr. Muchamad Nur Aziz di Pendopo Pengabdian Kota Magelang, beberapa waktu lalu. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - DILANTIK. Sebanyak 170 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Jabatan Fungsional di lingkungan Pemkot Magelang diangkat dan diambil sumpah janji oleh Wali Kota dr. Muchamad Nur Aziz di Pendopo Pengabdian Kota Magelang, beberapa waktu lalu. (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Lantik 170 PNS, Wali Kota Magelang Beri Empat Pesan Penting

MAGELANG, siedoo.com – Sebanyak 170 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Jabatan Fungsional di lingkungan Pemkot Magelang diangkat dan diambil sumpah janji oleh Wali Kota dr. Muchamad Nur Aziz di Pendopo Pengabdian Kota Magelang, beberapa waktu lalu.

———

“Luruskan niat, dan selalu ingat bahwa ikhtiar saudara-saudara untuk menjadi abdi negara di ridhoi oleh Allah SWT, maka senantiasa layani dan mudahkan kehidupan banyak orang,” kata Wali Kota.

“Jalankan tugas pengabdian dengan sungguh-sungguh, tegakkan disiplin, dan jangan berhenti belajar,” tambahnya di hadapan para PNS yang dilantik.

Dinyatakan sumber daya manusia berperan penting dalam segala aspek kehidupan. Terlebih dalam sebuah sistem formal di dalam organisasi pemerintahan, yang marwahnya adalah melayani kepentingan publik.

Maka, dibutuhkan ASN yang profesional, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat.

Oleh karenanya pada kesempatan ini, Dokter Aziz berpesan beberapa hal penting yang harus diperhatikan ASN. Pertama, seluruh ASN harus memahami core values atau nilai dasar, yang menjadi pedoman perilaku bagi ASN.

“Nilai dasar ini adalah fondasi budaya kerja ASN profesional, oleh karenanya harus benar-benar dihayati dan dijalankan dengan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Kedua, seiring dengan perkembangan zaman dan cepatnya arus modernisasi dan globalisasi, ASN zaman now harus cerdas dan trengginas.

“Bermental baja bukan bermental kerupuk, artinya tangguh dalam menghadapi tantangan, tangkas mencari solusi saat menghadapi kesulitan, tidak nggresulo, namun mau melakukan continuous improvement atau upaya perbaikan terus menerus dalam cara kerja maupun kemampuan bekerja,” pesannya.

Ketiga, para ASN juga harus mampu menjaga wibawa profesi di manapun berada. Sikap, perilaku, dan tutur kata baik di dunia nyata maupun di dunia maya bagi seorang ASN. Tidak hanya membawa identitas diri, namun juga menjadi representasi pemerintah dan Korps Pegawai Republik Indonesia.

Baca Juga :  PPMS Tawarkan Mondok Serasa di Rumah, Simak Uraiannya

“Maka jaga baik-baik wibawa korps dengan menjunjung tinggi norma dan peraturan yang berlaku,” imbuhnya.

Keempat, dalam rangka menyongsong Pemilu 2024, Dokter Aziz mengingatkan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkot Magelang untuk menjaga netralitas sebagaimana diatur dalam PP nomor 94 tahun 2021 tentang Disiplin PNS.

“Ingat bahwa netralitas ASN sangat diperlukan demi terwujudnya iklim politik yang kondusif dan menjaga profesionalitas jajaran birokrasi pemerintahan,” tandasnya.

Terakhir, terkait dengan krisis kemanusiaan yang menimpa Palestina, pihaknya mengajak kepada seluruh ASN Pemkot Magelang untuk berontribusi nyata dalam meringankan beban penderitaan mereka dengan berdonasi melalui lembaga-lembaga amal seperti Baznas Kota Magelang.

Sebagai informasi, total PNS Jabatan Fungsional yang dilantik adalah sebanyak 173 orang. Namun 3 orang diantaranya tidak hadir dengan berbagai alasan.

PNS tersebut meliputi Jabatan Fungsional Bagian Kepegawaian (6 orang), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (4 orang), Sekretaiat Daerah (1 orang), Dinas Lingkungan Hidup (4 orang), Tenaga Kesehatan (155 orang) dan Tenaga Kependidikan (3 orang). (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?