PMM. Memasuki semester gasal, Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) kembali meyelenggarakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) inbound angkatan 3. (foto: unimma)
Siedoo.com - PMM. Memasuki semester gasal, Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) kembali meyelenggarakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) inbound angkatan 3. (foto: unimma)
Daerah

UNIMMA Terima 33 Mahasiswa dari 25 PT se-Indonesia

MAGELANG, siedoo.com – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) kembali meyelenggarakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) inbound angkatan 3. Program tersebut merupakan rangkaian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

———

Sebanyak 33 mahasiswa PMM inbound di UNIMMA yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia telah tiba di Magelang pada Kamis (14/09) lalu. Adapun peserta terdiri dari 14 mahasiswa asal Sumatera, 3 mahasiswa asal Kalimantan, 10 mahasiswa asal Sulawesi, 1 mahasiswa asal Nusa Tengggara, 2 mahasiswa asal Lombok, dan 3 mahasiswa asal Papua.

Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNIMMA, Chrisna Bagus Edhita Praja, SH., MH  menyampaikan, mahasiswa PMM di UNIMMA harus adaptif, responsif dan transformatif.

“Pertama, mahasiswa PMM di UNIMMA harus jadi mahasiswa yang adaptif, mampu beradaptasi dengan lingkungan dan budaya sehingga bisa berkembang,” katanya.

Kedua, lanjutnya, jadi mahasiswa responsif yang dapat cepat dan tanggap dalam melihat fenomena dan tantangan di lingkungan.

“Ketiga, harus jadi mahasiswa yang transformatif menjadi lebih baik dari ketika nanti kembali ke kampus masing-masing,” tuturnya.

Seluruh peserta PMM Angkatan 3 akan mengikuti perkuliahan di UNIMMA mulai 18 September 2023 hingga akhir Januari 2024 mendatang. UNIMMA juga telah mempersiapkan berbagai fasilitas seperti tempat tinggal berupa asrama di Villa BB Square dan fasilitas penunjang lainnya.

Selli Marlina, mahasiswi berasal dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang didaulat sebagai Kepala Suku, mewakili seluruh peserta PMM menyampaikan rasa bahagianya.

“Ketika saya sampai di Pulau Jawa dan disambut hangat oleh tim UNIMMA, perasaan saya begitu senang. Dan kami berkumpul dengan teman-teman dari berbagai universitas di Indonesia,” ucapnya.

“Ternyata Magelang tempat yang begitu sejuk dan membuat kami nyaman. Harapan saya ke depan semoga saya dan teman-teman dapat menciptakan rasa kekeluargaan, kerjasama, dan mencari pengalaman yang sebanyak-banyaknya. Sehingga terwujud slogan bertukar sementara bermakna selamanya,” tutunya.

Baca Juga :  Di Jabar, 257 Kecamatan Segera Buka Pembelajaran Tatap Muka

Selain menjalani perkuliahan reguler, mahasiswa PMM juga akan menjalani program modul nusantara di berbagai tempat wisata di Magelang untuk mengenal budaya sekitar dengan lebih dekat. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?