Daerah

UNIMMA Siapkan Mahasiswa Perawat yang Islami

MAGELANG - Program Studi D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Jawa Tengah memberikan pembekalan kepada mahasiswanya. Pembekalan ini tepat pada acara Ucap Janji (Caping Day) kepada para mahasiswa.

Pembekalan ini untuk persiapan masuk rumah sakit agar mahasiswa termotivasi, mengetahui, dan mengerti apa yang menjadi etika, hak, dan kewajiban ketika melaksanakan praktek.

Caping Day ini diadakan sebelum menerjunkan mahasiswa praktek lapangan. Kegiatan dilaksanakan luring di Aula FIKES Kampus 2 UNIMMA dan daring melalui ruang temu virtual Zoom Meeting pada Kamis (8/7/2021).

"Tema yang diambil oleh prodi adalah Mempersiapkan Perawat yang Islami, Profesional, dan Berkemajuan. Islami itu agar mahasiswa memiliki sifat dan perilaku yang Islami dalam semua hal, semisal ketika berinteraksi dengan pasien," kata Dekan Fikes UNIMMA, Dr. Heni Setyowati ER, S.Kp., M.Kes.
Ia menjelaskan bahwa arti profesional yaitu harus memiliki knowledge dan attitude. Satu lagi yaitu berkemajuan.

"Mahasiswa selalu aktif untuk mengembangkan diri dan selalu belajar untuk meningkatkan profesionalitas,” jelas Dekan.

Sementara itu, Ns. Puguh Widiyanto S.Kp., M.Kep selaku Wakil Rektor I UNIMMA mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa dan orangtua/ wali. Para mahasiswa sudah satu tahun mendapatkan pembelajaran dan ilmu yang bermanfaat meskipun sebagian besar diberikan secara daring.

"Selamat juga kepada bapak/ ibu orangtua yang sudah menghantarkan putra - putrinya dan ikut membimbing mahasiswa. Karena selama pembelajaran daring tentunya orangtua mengawasi dan memotivasi menjadi sesuatu yang sangat penting. Dan juga untuk para dosen yang telah memberikan pembelajaran secara maksimal,” ujar dia.

Ns. Ahmad Baed, S. Kep, Ketua Dewan Pengurus Wilayah PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Provinsi Jawa Tengah yang hadir secara virtual mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang mengikuti Caping Day. Ia berpesan kepada mahasiswa dan dosen UNIMMA menjaga kesehatan di era pandemi ini dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Baca Juga :  Persiapan Akreditasi, UM Magelang Adakan Workshop Penyusunan LED IAPS 4.0

“Selamat kepada adik-adik mahasiswa telah memasuki tahapan Caping Day yang mana mahasiswa siap diterjunkan melaksanakan praktek melayani pasien,” ujar Ahmad.

Pada sesi terakhir, dilanjutkan ramah tamah antara dosen dan orangtua mahasiswa D3 Keperawatan semester 2. Hal itu untuk saling bersilaturahmi dan berkomunikasi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?