Daerah Kegiatan

UNIMMA Jadi Tuan Rumah Rakornas AST-PTM 2020

MAGELANG - Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) selalu melakukan penguatan kerjasama dan keterlibatan institusi Perguruan Tinggi Muhammadiyah, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk pengembangan sains dan teknologi. Dalam rangka itu UNIMMA menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional Asosisasi Sains dan Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (Rakornas AST-PTM) 2020. Kegiatan diselenggarakan oleh Forum Dekan Fakultas Teknik Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang dilaksanakan pada 26-28 Oktober 2020 di Grand Artos and Convention Magelang.

Sebanyak 30 Fakultas Teknik Perguruan Tinggi Muhammadiyah seluruh Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke, menjadi peserta pada acara ini. Yang digelar secara online melalui Zoom Meeting.

Peserta Rakornas AST-PTM yang hadir offline. (foto: Humas UNIMMA)

Pada pembukaan, Ketua Panitia Rakornas AST-PTM 2020, Ir. Teguh Marhendi, S.T., M.T., ASEAN.Eng., IPM, melaporkan rangkaian acara Rakornas 2020. Yaitu pertemuan Forum Dekan Fakultas Teknik PTM se-Indonesia, The 4th International Conference on Engineering and Applied Science (iCEAT), Seminar Nasional Teknologi Terapan (SNTT) ke-8.

Juga Kompetisi Mahasiswa Muhammadiyah-Pekan Kreativitas Mahasiswa Muhammadiyah (KMM-PKMM). Serta Forum Diskusi Ilmiah Dekan Fakultas Teknik PTM se-Indonesia dengan mengundang invited speakers Dekan sesuai bidang kompetensi dan profesionalismenya.

Sementara itu, Rektor UNIMMA Dr. Suliswiyadi, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta Rakornas AST-PTM yang hadir secara offline maupun online.

“Pada prinsipnya, kami menyambut baik pertemuan ini dan mengapresiasi kegiatan ini. Sebagai wadah untuk berkoordinasi dan silahturahim dalam rangka mengkaji berbagai isu di bidang sains dan engineering,” tutur Rektor.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Chairil Anwar. Chairil mengatakan, semangat kebersamaan di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah sangat tinggi dan perlu terus dijaga.

“Akan sangat baik, jika semua Dekan di sini membahas bersama kira-kira sumbangan apa yang dapat diberikan kepada Perguruan Tinggi, Muhammadiyah dan bangsa kita. Asosiasi inj memberikan sebuah harapan kepada kita melalui kerja sama yang baik dan tentunya banyak hal yang bisa kita lakukan bersama” kata Chairil.

Acara Rakornas ditutup dengan pembacaan pemenang kompetisi yang dilombakan dan pemilihan tuan rumah Rakornas AST-PTM 2021 mendatang. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?