LOLOS. UKM MENTARI UNIMMA berhasil lolos tiga besar Lomba Wana Lestari yang merupakan ajang tahunan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (foto: unimma)
Siedoo.com - LOLOS. UKM MENTARI UNIMMA berhasil lolos tiga besar Lomba Wana Lestari yang merupakan ajang tahunan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (foto: unimma)
Daerah

Lomba Wana Lestari 2024, UKM MENTARI UNIMMA Siap Berlaga Tingkat Nasional

MAGELANG, siedoo.com – Berdasarkan hasil penilaian administrasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam Rimba Raya Indonesia (MENTARI) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) berhasil lolos tiga besar Lomba Wana Lestari.

Kategori dalam penilaian tersebut adalah Kader Konservasi Alam dan Kelompok Pecinta Alam (KKA/KPA) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024. Lomba tersebut digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Adapun proses penilaian verifikasi lapangan dilaksanakan di Kampus 2 UNIMMA, belakangan ini.

Tim penilai diketuai oleh Soegiharto S.Hut, MP, Kepala bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Konservasi Sumber Daya Alam (PDAS KSDA) beserta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), dan Cabang Dinas Konservasi (CDK) wilayah 9 Provinsi Jawa Tengah.

Disebutkan, perlombaan tersebut untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat maupun kelompok masyarakat yang telah berjasa dan memberikan peran terhadap lingkungan, pelestarian hutan dan alam.

“Apresiasi Wana Lestari ini diberikan berdasarkan inisiatif dan partisipasi dalam pemberdayaan lingkungan hidup dan kehutanan,” tuturnya.

Ketua Umum MENTARI, Usama Al Faroby mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu seluruh proses dalam lomba.

“Alhamdulillah UKM MENTARI diberi kesempatan untuk memetik pelajaran dan pengalaman luar biasa di lomba Wana Lestari ini. Tentunya saya mewakili temen-teman MENTARI sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami, terkhusus pembina kami ibu Pranita Siska Utami dan pembimbing kami dari Cabang Dinas Kehutanan (CDK) wilayah 9 ibu Lidya dan ibu Ari yang ikut turut terjun langsung dalam membimbing kami,” ujarnya.

Usama berharap, setelah dilakukan proses penilaian lapangan, dapat lolos ke Tingkat nasional.

“Insya Allah pengumuman di tingkat nasional akan diumumkan akhir bulan Mei. Mohon doa semoga MENTARI bisa menjadi juara dan mewakili provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Wana Lestari 2024 tingkat nasional. Salam Lestari! Dimana bumi dipijak, di situ MENTARI bersinar,” tambahnya.

Baca Juga :  Angkat Pemberdayaan Desa Growong, Mahasiswa UNIMMA Melaju pada Ajang Abdidaya 2023

Di akhir kegiatan, Tim Penilai melakukan pengecekan kesekretariatan di Kampus 2 UNIMMA dan mengunjungi salah satu mitra binaan MENTARI yaitu Balai Anak Sentra Antasena Magelang untuk mengkonfirmasi peran MENTARI dalam pendampingan anak-anak penerima manfaat. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?