KERJA SAMA. SMK Muhammadiyah 1 Borobudur bekerja sama dengan Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA). (foto: ist)
Siedoo.com - KERJA SAMA. SMK Muhammadiyah 1 Borobudur bekerja sama dengan Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA). (foto: ist)
Daerah

Tiga Hari Digembleng! Implementasi P5 di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Gandeng Menwa UNIMMA

MAGELANG, siedoo.com – SMK Muhammadiyah 1 Borobudur menggelar kegiatan yang diikuti siswa kelas X selama tiga, 11-13 September 2023. Kegiatan ini sebagai bagian implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

———

Dalam pelaksanaan P5, SMK Muhammadiyah 1 Borobudur berupaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Yakni, yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bernalar kritis, gotong royong, mandiri dan kreatif.

Tema yang diusung ialah “Bangun Jiwa Raga”, dengan sub tema Kesamaptaan. Kesamaptaan sendiri memiliki arti luas. Yakni, kesiapsiagaan seseorang secara fisik, mental maupun keadaan sosial yang beragam. Pada kesempatan ini, topik yang diangkat dalam implementasi P5 yaitu Sehat Badanku, Sehat Mentalku, Berbudaya Lakuku.

Kegiatan kali ini wajib bagi semua siswa, terutama siswa kelas X. Selain itu wali kelas juga ikut serta mendampingi selama kegiatan untuk memudahkan memberi penilaian rapor. Bagi siswa yang berhalangan ikut, maka diwajibkan untuk mengikuti kegiatan yang sama pada tahun selanjutnya dengan kelas lain.

“Untuk siswa yang tidak ikut kegiatan, wajib mengulang ditahun depan bersama adik kelasnya,” ujar Ketua Kegiatan, Achmad Khoirul Fatta.

Khoirul menyampaikan kegiatan P5 sangat penting. Karena dapat melatih kedisiplinan dan rasa tanggung jawab pada siswa. Beberapa guru juga turut terlibat dalam kegiatan ini, seperti wali kelas, bidang kurikulum, bidang kesiswaan, dan bidang humas.

Dalam eksekusinya, SMK Muhammadiyah 1 Borobudur bekerja sama dengan Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA). Sejumlah 93 siswa kelas X mengikuti seluruh rangkaian kegiatan mulai dari hari pertama hingga hari ketiga. Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan sekolah SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.

Pihak sekolah juga turut mengikutsertakan siswa kelas XII yang notabene tidak wajib mengikuti kegiatan ini dikarenakan kurikulum yang berbeda. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pembekalan tambahan bagi siswa kelas XII sebelum memasuki dunia kerja.

Baca Juga :  Tim PPMT UNIMMA Latih Perempuan Budidaya Tanaman Obat Keluarga

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Sri Pangestuti menyampaikan melalui kegiatan P5 ini pihaknya berharap agar para siswa mempunyai mental dan jiwa yang kuat. Agar siap bekerja dikondisi apapun, bersosialisasi di lingkungan baru, dan beradaptasi dengan situasi yang tentunya berbeda dengan saat di sekolah.

Tujuan pengembangan P5 sendiri yaitu membangun kesadaran sikap dan perilaku untuk membiasakan diri sebagai budaya kerja positif sesuai dengan standar dunia kerja agar mampu beradaptasi dengan budaya di dunia kerja, sehingga memiliki budaya kerja yang optimal.

“Kami berharap anak-anak memiliki jiwa dan pikiran yang sehat, mental kuat, kemandirian tinggi, disiplin, bertanggungjawab. Agar kelak mereka menjadi orang tangguh dan kuat, dengan memiliki rasa percaya diri yg tinggi,” tutur Sri Pangestuti. (tantri/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?