Internasional

Semester Gasal, UNIMMA Buka Kelas Internasional

MAGELANG - Mahasiswa diajak mempunyai visi yang sama, yaitu membentuk pemimpin muda berintegritas dan visioner untuk berkontribusi dalam membangun bangsa. Apapun yang dijalani hari ini adalah hak dan kewajiban mahasiswa berkontribusi membangun bangsa.

"Saat ini, dunia sedang membutuhkan orang yang luar biasa, bukan yang biasa-biasa saja,” kata Yordan Gunawan, SH. Int, M.BA., MH, Ketua Asosiasi Kantor Urusan Internasional (ASKUI) PTMA se-Indonesia.

Ia menyampaikan itu saat menjadi narasumber di acara Capacity Building Student melalui ruang temu virtual. Agenda ini merupakan rangkaian pembukaan program UNIMMA-International Undergraduate Program of Law (IUPL), Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Jawa Tengah. Acara sharing tentang belajar di luar negeri ini menghadirkan empat narasumber yang memiliki pengalaman mengenyam pendidikan di luar negeri.

Yordan juga berpesan bahwa belajar tidak hanya di dalam ruang kelas tapi juga di luar kelas. Jadilah mahasiswa yang double track (tidak hanya belajar tetapi juga berorganisasi).

“Kuasailah international language dan banggalah menjadi mahasiswa indonesia,” bebernya.

Dr. Lilik Andriyani, SE., M.Si, Pejabat Rektor UNIMMA, dalam sambutannya mengapresiasi FH UNIMMA yang telah melaksanakan kegiatan dan menginisiasi kelas internasional sebagai perwujudan rencana strategi (renstra) universitas dan perwujudan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) meskipun masih di tengah wabah covid-19.

“Terima kasih kepada FH UNIMMA yang turut andil guna mencapai target kinerja yang tertuang dalam renstra UNIMMA 2020/2024. Yaitu menciptakan daya saing nasional dan rintisan internasionalisasi. Dengan kegiatan ini, semoga mahasiswa UNIMMA bisa memiliki wawasan yang luas dan mencetak lulusan yang unggul,” tutur Dr. Lilik.

Sementara itu, Dr. Dyah Andriantini Sintha Dewi, SH., M.Hum, Dekan FH UNIMMA mengatakan bahwa mulai semester gasal 2021/2022, FH akan mengawali kelas internasional yang akan menjadi pioneer di UNIMMA.

Baca Juga :  Selamat, Perpustakaan UNIMMA Terakreditasi A

“Penggunaan bahasa asing sangat penting untuk menunjang karir, supaya nantinya alumni FH dapat bersaing di kancah internasional,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula M. Hazyar Arumbinang, SH., LL.M (University of Melbourne, Australia) dan Diana Setiawati, SH., LL.M (Asia University Taiwan) yang masing-masing berbagi pengalaman dan tips trik mencari beasiswa belajar di luar negeri.

Selain itu, turut mengikuti kegiatan, Nia Kurniati Bachtiar, SE., S.Si, M.Sc (Kepala Kantor Urusan Internasional UNIMMA) dan Puji Sulistyaningsih, SH., MH (Wakil Dekan FH UNIMMA) yang akan memfasilitasi mahasiswa kelas internasional di UNIMMA terkait ketersediaan kesempatan meraihnya dan juga fasilitas pembelajaran. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?