BERPOSE. Seusai acara berpose bersama di Auditorium Kampus 1 UNIMMA, Kamis (12/1/2023). (foto: unimma)
Siedoo.com - BERPOSE. Seusai acara berpose bersama di Auditorium Kampus 1 UNIMMA, Kamis (12/1/2023). (foto: unimma)
Nasional Pendidikan

UNIMMA Lepas 38 Mahasiswa Peserta MBKM dari 5 Pulau

MAGELANG, siedoo.com – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mempersembahkan sejumlah pertunjukan yang dikemas dalam Pagelaran Budaya MBKM 2022 dengan tema “Dari Nusantara, Untuk Semesta” di Auditorium Kampus 1 UNIMMA, Kamis (12/1/2023). Pertunjukan memadukan drama, tarian dan musik.

Hal tersebut digelar dalam rangka pelepasan mahasiswa peserta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Adapun penampil terdiri dari mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2 Inbound dan Outbound UNIMMA, mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3.

PIC MBKM UNIMMA, Septiyati Wulandari, M.Pd menyebutkan UNIMMA sebagai perguruan tinggi tujuan, pada kesempatan PMM 2 telah diamanahi oleh Kemdikbud sejumlah 38 mahasiswa dari lima pulau luar Jawa yaitu Kalimantan, Flores, Lombok, Sulawesi dan Sumatera.

“Dari kelima pulau tersebut terdapat 19 universitas asal sebagai perguruan tinggi pengirim. Ke-38 mahasiswa inbound ini telah datang bergabung dengan UNIMMA sejak bulan September 2022. Mereka mengikuti berbagai program modul nusantara dan juga kegiatan perkuliahan,” ujarnya.

Dijelaskan pula, 30 mahasiswa outbond UNIMMA telah tersebar pada 16 universitas di luar Pulau Jawa. Mereka kini kembali ke kampus UNIMMA.

“Selamat datang kembali mahasiswa UNIMMA, tularkan segala proses kehidupanmu di sana dan berikan semangat kepada teman-teman lainnya untuk mengikuti program PMM Angkatan 3. Jadilah sosok mahasiswa tangguh, pembelajar dan empati terhadap sesama,” tutur Septi.

Sementara itu, mewakili Kepala PMM 2, Rajib Khafif Arruzzi, S.Si., M.Sc. selaku Manajer Operasional PMM 2 mengingatkan kembali kepada mahasiswa pesan dari Mendikbud agar mahasiswa PMM dapat menjaga keberagaman, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Menteri mengamanahkan kepada mahasiswa PMM untuk menjaga keberagaman agar persatuan dan kesatuan utuh kedepannya. Terutama untuk mahasiswa yang kedepannya menjadi pemimpin atau berbagai macam kepala di suatu instansi atau level lebih tinggi,” tandasnya.

Baca Juga :  UNIMMA Raih Peringkat I KIBM PTMA Se-Indonesia

“Nanti harapannya mendapat berbagai kemudahan dan pengalaman luar biasa. Kita titipkan Bangsa Indonesia ke pundak adik-adik mahasiswa agar kedepannya menjadi bangsa luar biasa,” tambahnya.

Pagelaran budaya dihadiri pula oleh Walikota Magelang, dr. H. Muchamad Nur Aziz,Sp.PD-KGH. Selain itu, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T. Dalam sambutannya secara daring merespon tema yang diangkat dalam pagelaran.

“Sebuah tema yang sangat patriotic, heroic, dan penuh dengan makna. Bahwa mahasiswa UNIMMA yang berangkat dari nusantara ini akan bermakna untuk semesta. Kami ucapkan selamat kepada UNIMMA yang telah menyelenggarakan kegiatan dengan sangat baik,” tandasnya.

“Apresiasi sebesar-besarnya seluruh pimpinan beserta jajaran dan seluruh civitas akademika yang telah menyambut baik penuh dedikasi untuk mewujudkan kegiatan MBKM di UNIMMA secara nyata,” tambahnya.

Di akhir acara, Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., MSi secara resmi melepas mahasiswa kembali ke institusi asal dan menerima kembali mahasiswa UNIMMA yang telah selesai melaksanakan tugas belajarnya. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?