MONEV. LPPM UNIMMA) menggelar monitoring dan evaluasi (monev) pusat studi di lingkungan UNIMMA. (foto: unimma)
Siedoo.com - MONEV. LPPM UNIMMA) menggelar monitoring dan evaluasi (monev) pusat studi di lingkungan UNIMMA. (foto: unimma)
Daerah

LPPM UNIMMA Lakukan Monev Dukung Pengembangan Pusdi

MAGELANG, siedoo.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar monitoring dan evaluasi (monev) pusat studi di lingkungan UNIMMA.

———

Acara dilaksanakan melalui ruang temu virtual Zoom pada Jumat (21/7). Hal itu mengingat, pusat studi memiliki peran sangat penting di perguruan tinggi untuk pengembangan keilmuan dan juga karir dosen.

Pusat Studi di UNIMMA terbagi dalam pusat penelitian, pusat pengembangan dan pusat pengabdian kepada masyarakat.

Enam pusat studi di UNIMMA yang hadir dalam monev antara lain, Center for Digital Pharmacy Studies, Center for Innovation in Primary Education.

Lalu ada Center for Madrasa Development Studies, Small and Medium Enterprises and Entrepreneurship Center, Wound Study Center, dan Sustainable and Intellegent Circular Economy.

Keberadaan pusat studi ini menjadi bukti eksistensi universitas dalam bidang pengembangan keilmuan, sehingga dapat menjadi media pembelajaran mahasiswa.

Kadiv Pengabdian pada Masyarakat LPPM UNIMMA, Ns. Robiul Fitri Masithoh, M.Kepmenuturkan bahwa bagi UNIMMA, pusat studi memiliki banyak peran penting.

“Diantaranya berperan dalam mengembangkan keilmuan, penelitian di bidang tertentu, dan pengembangan karir dosen UNIMMA,” katanya.

“Selain itu, pusat studi juga dapat meningkatkan rekognisi UNIMMA dalam ranah internasional jika ada pusdi yang berhasil publikasi di jurnal internasional bereputasi,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, LPPM bersama enam pusdi berdiskusi mengenai pengembangan dan evaluasi riset pusat studi.

Adapun luaran pusat studi ini berupa artikel publikasi, baik paten ataupun hak cipta. Dari hasil monev, beberapa pusdi sudah melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa sebagai anggotanya.

Sebagian pusdi sudah melakukan publikasi di jurnal internasional bereputasi dan saat ini, ada yang sedang proses pengajuan hibah internasional untuk pengembangan keilmuan dan academic networking.

Baca Juga :  Aku Suroboyo! Atasi Persoalan Akulturasi

Robiul berharap ada keberlanjutan penelitian pusdi di UNIMMA.

“Keberlanjutan dengan tetap mengacu pada roadmap penelitian pusdi dan juga melibatkan mahasiwa. Pusdi diharapkan sebagai media untuk percepatan jenjang karir dosen di UNIMMA,” harapnya. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?