PAGELARAN. Sejumlah penampilan dipertunjukan dalam panggung bertajuk Pagelaran MBKM 2023 dengan tema ‘Merdeka Berkarya dalam Keragaman Budaya Nusantara’. Acara dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 UNIMMA. (foto: unimma)
Siedoo.com - PAGELARAN. Sejumlah penampilan dipertunjukan dalam panggung bertajuk Pagelaran MBKM 2023 dengan tema ‘Merdeka Berkarya dalam Keragaman Budaya Nusantara’. Acara dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 UNIMMA. (foto: unimma)
Daerah

Sambut dan Lepas Mahasiswa Peserta PMM3, UNIMMA Gelar Pagelaran MBKM

MAGELANG, siedoo.com – Sejumlah penampilan dipertunjukan dalam panggung bertajuk Pagelaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Yang menyelanggarakan adalah Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA).

———

Agenda tersebut untuk menyambut mahasiswa yang kembali ke UNIMMA dan melepas mahasiswa peserta PMM 3. Acara dengan tema ‘Merdeka Berkarya dalam Keragaman Budaya Nusantara’ dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 UNIMMA pada Selasa 23 Januari 2024.

Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNIMMA, Chrisna Bagus Edhita Praja, SH., MH mengatakan pagelaran MBKM telah menjadi agenda rutin tahunan yang berbarengan dengan pelepasan pertukaran mahasiswa.

“Pada tahun akademik 2023/2024 ini data statistik keikutsertaan MBKM mengalami dinamika seiring banyak prodi yang mencoba untuk melakukan kegiatan di luar kampus secara mandiri bersumber dana dari PKKM,” ujarnya.

Disebutkan, di tahun 2023, partisipasi UNIMMA mengikuti program flaghship Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Diantaranya Kampus Mengajar 6 sejumlah 33 mahasiswa, MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) sejumlah 9 mahasiswa serta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 yang terdiri dari mahasiswa outbond sejumlah 13 dan Inbound sebanyak 33 mahasiswa.

Dalam pagelaran tersebut, ditampilkan drama dan berbagai tarian dari asal mahasiswa PMM3.

Sementara itu, Manajer PMM 3 Wilayah Jateng DIY, Rajib Khafif Arruzzi, SSi., MSc menyampaikan apresiasinya kepada UNIMMA.

“Melalui PMM 3, kami dari Kemdikbud memberikan apresiasi yang luar biasa kepada UNIMMA pada saat penyelenggaraan PMM 3 ini,” tuturnya.

Rajib menjelaskan, program MBKM yang dirancang Kemdikbud dimaksudkan untuk meningkatkan keberagaman nusantara.

“Kami dari Kemdikbud secara desain memang begitu, ingin di kampus-kampus itu meningkat keberagamannya sehingga pada saat keberagaman meningkat di kampus-kampus, harapannya kawan-kawan semua bisa saling kenal satu sama lain, saling mengerti dan kemudian toleransi akan semakin tinggi, harapannya demikian,” jelasnya.

Baca Juga :  33 Mahasiswa PMM Ikuti Perkuliahan dan Modul Nusantara di UNIMMA

Lebih lanjut dikatakan, menurut data evaluasi program PMM menunjukkan bahwa nasionalisme mahasiswa semakin meningkat.

“Dari semua mahasiswa yang ikut, mereka semua memiliki softskill dari komunikasi, tentu saja akademik meningkat. Alhamdulillah, capaian ini luar biasa,” katanya.

“Dan yang membedakan pertukaran mahasiswa yang ini dengan pertukaran mahasiswa yang lain itu ada satu hal yang menarik dimana mahasiswa-mahasiswa yang ada, bahwa mereka ingin sekali membangun daerah mereka sendiri dan ini mungkin menjadi nilai plus,” ungkapnya lebih lanjut. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?