Daerah Kegiatan

Launching Website Bank Sayur dari Mahasiswa UNIMMA untuk PKK

MAGELANG – Pada Sabtu (7/11/2020) dilakukan penarikan Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2020. Tim PHP2D dimaksud adalah dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) di Desa Kalinegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

PHP2D adalah kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Di mana merupakan program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan penarikan itu dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin. Dalam kesempatan tersebut Tanti mengucapkan terimakasih kepada UNIMMA atas pelaksanaan program PHP2D ini di Desa Kalinegoro.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat mempererat jejaring dengan Unimma dan semakin bisa bersinergi dalam memberdayakan masyarakat,” ujar Tanti.

Tim PHP2D yang diadakan oleh IMM Komisariat Teknik yang berjudul “Mewujudkan Ketahanan dan Keamanan Pangan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Peningkatan Peran Perempuan Dalam Hatinya PKK”. Kegiatan diselenggarakan di Desa Kalinegoro, Mertoyudan Magelang bekerjasama dengan Kelompok PKK setempat.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Teknik UNIMMA anggota Tim PHP2D Tahun 2020 di Desa Kalinegoro, Mertoyudan, Magelang. (foto: Humas UNIMMA)

Program yang sudah berjalan sejak bulan September 2020 dengan Dosen Pembimbing Dra. Retno Rusdjijati, M.Kes terdiri beberapa kegiatan. Di antaranya, kegiatan pelatihan pembuatan aquaponik, pembagian bibit lele, pembagian polybag, pembagian dan penanaman bibut sayur. Juga studi banding dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Dusun Kledok, Sidorejo, Kajoran, Magelang. Serta  lomba-lomba penilaian aquaponik dan polybag, serta peluncuran website Bank Sayur.

Selanjutnya, Tanti mengatakan Program Bank Sayur merupakan upaya untuk ketahana pangan dan diharapkan dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat yang nantinya akan tetap diadakan kegiatan lanjutan seperti pelatihan penguatan strategi marketing.

“Di masa pandemi ini, program-program seperti ini sangat dibutuhkan supaya masyarakat lebih kreatif. Mudah-mudahan Bank Sayur ini dapat menjadi program yang berkelanjutan dan menjadi motor penggerak program di Kabupaten Magelang,” lanjut Tanti.

Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Mahasiswa (LP2Ma) UNIMMA, Elmiawati Latifah, S.Farm., M.Sc dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama masyarakat Desa Kalinegoro. Sehingga kegiatan PHP2D dapat berjalan dengan lancar.

“Besar harapan kami supaya bisa menjalankan program ini secara berkelanjuran dengan program-program abdimas lainnya dari Unimma, seperti KKN PPMT maupun abdimas dosen,” tutur Elmiawati.

Mahasiswa pelaksana PHP2D ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Di penghujung acara, diadakan pembagian hadiah kepada kelompok-kelompok PKK di Desa Kalinegoro oleh Ketua TP PKK Kabupaten Magelang, Kepala LP2Ma, dan Dosen Pembimbing PHP2D. Acara ditutup dengan kunjungan Ketua TP PKK Kabupaten Magelang ke lahan aquaponik. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?