Internasional

Fikes UNIMMA Targetkan Go Asean pada 2024

MAGELANG - Visi misi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Jawa Tengah yaitu menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan yang Unggul, Islami dan Inovatif di tingkat ASEAN tahun 2024. Unggul dimaksudkan agar Fakultas Ilmu Kesehatan memiliki kapasitas dan atau kualitas lebih dari standar nasional pendidikan tinggi dalam bidang pendidikan.

Keunggulan tersebut salah satunya dicapai melalui perumusan visi saintifik setiap program studi. Adapun saintifik vision dari Prodi D3 Keperawatan adalah Keperawatan Luka, Prodi S1 Keperawatan dan Ners adalah Keperawatan Komplementer, D3 Farmasi adalah Farmasi Komunitas dan S1 Farmasi adalah Bahan Alam dan Komunitas.

"Internasionalisasi dirumuskan sebagai respon terhadap tuntutan pasar akan tenaga kerja global dengan kualifikasi internasional. Sehingga merupakan langkah untuk meningkatkan kualitas,” kata Dekan Fikes Unimma, Dr. Heni Setyowati ER, SKp, MKes.

Ia memaparkan itu saat Fikes menggelar Workshop Visi Misi Fikes Unimma pada Sabtu (21/08/2021). Acara workshop diawali dengan pembukaan, paparan visi misi dan diskusi dengan stakeholder dan dibuka oleh Wakil Rektor III, Drs. Tohirin, M.Ag.

Fikes UNIMMA merupakan institusi yang berdiri sejak tahun 1993 dengan embrio Akademi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Magelang (AKPER UMM). Pada tahun 2008 menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) dengan pengembangan beberapa program studi (prodi).

Saat ini terdapat lima prodi yaitu D3 Keperawatan, S1 Keperawatan, Profesi Ners, D3 Farmasi dan S1 Farmasi. Prodi D3 keperawatan telah terakreditasi A sedangkan 4 prodi yang lain terakreditasi B.

Untuk terus dapat menghasilkan lulusan unggul dan berdaya saing tinggi yang berorientasi pada kebutuhan stakeholder sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Fikes Unimma menggelar workshop tersebut. Hadir pada acara workshop, Bupati Magelang yang diwakili Sekda, Drs Adi Waryanto. Ia mengapresiasi terhadap kegiatan ini dan mengharapkan Fikes Unimma meningkatkan kerja sama dengan Dinas Kesehatan.

Baca Juga :  Menko PMK Muhadjir Effendy Resmikan Gedung Baru SIJ

"Dalam kegiatan penelitian maupun pengabdian serta berperan dalam pengendalian covid-19," jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutan Walikota Magelang yang dibacakan oleh Anita Diah Lestari, SE, MEc.Dev, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Magelang menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada Unimma atas terselenggaranya workshop visi misi Fikes Unimma. Investasi dalam bentuk pengetahuan atau pendidikan akan memberikan hasil yang paling menguntungkan.

"Bukan saja dalam konteks individual akan tetapi juga berkolerasi dalam konteks kebangsaan. Unimma melalui Catur Dharma Perguruan Tinggi telah memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan Magelang baik secara langsung maupun tidak langsung,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang yang diwakili oleh Ns. Mimin Triyanti, SKep, MKes, Kasi Pelayanan Kesehatan menyampaikan bahwa visi dan scientific vision prodi sangat sinergi dengan program-program di Dinas Kesehatan Magelang. Diantaranya adalah wisata jamu sebagai wisata unggulan di Kota Magelang dan digerakkannya asuhan mandiri kesehatan tradisional.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang yang diwakili oleh dr Yuniar Kabid Kesehatan masyarakat, menyampaikan bahwa banyak program yang bisa disinergikan, diantaranya program internasionalisasi sangat sesuai dengan kebijakan Borobudur sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Sehingga diperlukan peningkatan kualitas SDM.

Kegiatan yang berlangsung secara daring tersebut dihadiri oleh beberapa organisasi profesi, praktisi kesehatan, penyelenggara pembelajaran praktek termasuk rumah sakit, akademisi serta alumni dan mahasiswa. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?