UNIMMA. Kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terus ditindaklanjuti. (foto: unimma)
Siedoo.com - UNIMMA. Kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terus ditindaklanjuti. (foto: unimma)
Daerah

UNIMMA dan BRIN Tindaklanjuti Kerja Sama

MAGELANG, siedoo.com –  Kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terus ditindaklanjuti. Sebelumnya telah tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU).

———

Acara berlangsung di Gedung Rektorat Kampus 2 UNIMMA, baru-baru ini.

Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., M.Si menyampaikan terima kasihnya kepada BRIN dan berharap kerja sama antara UNIMMA dengan BRIN tidak hanya melalui Fakultas Teknik (FT), namun juga fakultas-fakultas lain di UNIMMA.

“Yang melakukan MoU antara Rektor dengan BRIN di sini baru FT. Semoga ke depannya berkembang ke fakultas lain yang memang sangat intens melakukan riset hibah,” katanya.

“Semoga kerja sama ini berlangsung terus melalui MoA dengan fakultas-fakultas lain di UNIMMA. Mohon bantuan, binaan, dan arahan dari Pak Nugroho. Semoga ke depan hubungan antara UNIMMA dengan BRIN semakin baik,” tuturnya.

Sementara itu, hadir mewakili BRIN, Dr. Nugroho Adi Sasongko sebagai Director of Research Center for Sustainable Production System and Life Cycle Assessment BRIN memaparkan mengenai Pusat Riset Sistem Produksi Berkelanjutan dan Penilaian Daur Hidup.

Adapun program kerjasama UNIMMA dengan BRIN  yang dilaksanakan pada tahun 2023 diantaranya program management talenta BRIN 2023 melalui program visiting researcher oleh Yun Arifatul Fatimah, ST. MT. PhD dan hibah pendanaan Riset Inovasi Indonesia Maju (RIIM) 2023 dengan judul Big Data Based Waste Management System oleh Yun Arifatul Fatimah, ST. MT. PhD, Pristi Sukmasetya, S.Komp., M.Kom dan Maimunah, S.Si., M.Kom.

Dalam kesempatan tersebut, didiskusikan pula kerjasama riset yaitu pengembangan circular economy berbasis machine learning dan big data.

Selain itu, juga dibahas terkait potensi kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UNIMMA dengan BRIN menggunakan KERIS 1 BRIN yang memfokuskan pada pengembangan pertanian dan peternakan terpadu Jawa Tengah.

Baca Juga :  Hari Pendidikan, SD Kuwaderan 2 Ikuti Persari Kwarda Jateng

Disebutkan bahwa pengembangan kerjasama ke depannya adalah Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk magang penelitian di BRIN, BARISTA, dan Program Postdoctoral di BRIN. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?