PENGABDIIAN. PPMT Unimma di Gunungsari, Gulon, Salam, Magelang (foto: ist)
Daerah

Optimalisasi UMKM di Gunungsari, Mahasiswa Gandeng Pemuda

MAGELANG - Sebanyak lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) mengadakan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) di Dusun Gunungsari, Desa Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Oktober 2020 lalu.

Mereka adalah mahasiswa Prodi Teknik Informatika yaitu Ryan Ghafala Utomo, Ramona Nurhidayah, Putri Mega Yuliawati dan Anjas Setyawan, serta dari Prodi Bimbingan Konseling yaitu Kurnia Suciati. Mereka dibimbing Dimas Sasongko, S.Kom., M.Eng.

"Tema yang diangkat dalam PPMT Dusun Gunungsari tersebut adalah Optimalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Dusun Gunungsari," kata Ryan.

Kegiatan PPMT di Dusun Gunungsari dilaksanakan dengan beberapa program utama dan program pendukung. Program utamanya Pelatihan Peran Pemuda dalam Pengembangan UMKM Dusun dan Pelatihan Pengembangan UMKM Dusun. Kemudian untuk program pendukungnya Belajar Kelompok dan Sosialisasi Penggunaan Gadget Pada Anak.

"Program Utama yang sudah terlaksana yaitu Pelatihan Peran Pemuda dalam Pengembangan UMKM Dusun. Pada pelatihan ini kita Mengenalkan UMKM itu apa serta manfaat, perijinan, serta macam-macam dukungan bantuan dari pemerintah," jelasnya.

Kemudian Marketing Produk yaitu bagaimana cara menjual produk atau memasarkan produk sesuai dengan barang dan fokus penjualan. Lalu yang terakhir diadakannya workshop dan branding karena dunia jual beli tak lekang oleh branding, foto produk, dan keterangan produk .

"Harapannya di adakannya Pelatihan ini agar memajukan UMKM dusun dengan perantara pemuda," tegasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?