Daerah Kegiatan

UMMagelang Ajak Warga Dusun Lakukan Pencegahan Dampak ODF

MAGELANG - Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang(UMMagelang) kali ini diadakan di Dusun Sengon, Desa Trasan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Kepala Desa, Kepala Dusun dan Kader Posyandu dusun setempat dengan mengadakan sosialisasi sadar ODF (Open Defecation Free).

ODF merupakan tindakan membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak-semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya. Serta dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.

Pembuatan Water Treatment

Tim PPMT UMMagelang diketuai Nurul Hidayah, S.Kep., M.S. dan Sodiq Kamal, M.Sc,  serta mahasiswa Keperawatan. Mereka mengadakan sosialisasi pada bulan Januari-Februari 2020. Dimulai dengan sosialisasi mengenai ODF dan dilanjutkan dengan bergotong-royong dalam pembuatan Water Treatment.

“Pembuatan Water Treatment ini semata-mata untuk kebutuhan warga dusun setempat yang diharapkan dapat mengurangi dampak dari ODF,” ungkap Nurul.

Sementara itu, Sodiq menambahkan, selain pembuatan Water Treatment, Tim PPMT juga mengadakan pelatihan pembuatan cairan antiseptik sederhana kepada petani. Hal ini dilakukan karena petani adalah orang pertama yang mendapatkan dampak dari ODF.

“Sebagai alternatif untuk pencegahannya dilakukan pelatihan pembuatan cairan antiseptik sederhana yang dapat digunakan oleh petani,” jelas Sodiq.

Sementara itu menurut Kepala Desa Trasan, Drs. Bagawat Gita, warganya perlu diberikan pengetahuan mengenai dampak, cara mengatasi dan bagaimana penanganan dari ODF.

“Sampai saat ini, masih banyak warga kami yang melakukan ODF tanpa memperhatikan dampak kesehatan yang akan terjadi,” ujarnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?