Daerah Kegiatan

Mahasiswa UMMagelang Bagikan Antiseptik Gratis Kepada Masyarakat Grabag

MAGELANG - Wabah virus Corona (Covid-19) di Indonesia yang begitu cepat membuat banyak orang khawatir dan panik. Berbagai langkah dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Selain pemerintah, banyak organisasi maupun komunitas yang peduli dengan wabah tersebut mengadakan berbagai aksi pencegahan Covid-19.

Salah satunya adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMagelang) yang tergabung dalam Aliansi Aktivis Mahasiswa Grabag dan bekerjasama dengan Muhammadiyah Covid-19  Command Center (MCCC) Kecamatan Grabag. Mereka  membagikan antiseptik secara gratis kepada masyarakat di sekitar Pasar Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (20/4/2020).

Koordinator Aliansi Aktivis Mahasiswa Grabag, Taufiq Ardiyanto, mengatakan komunitas tersebut adalah kumpulan mahasiswa yang kuliah di UMMagelang dan berdomisili di Kecmatan Grabag. Sehingga harapannya dengan adanya wadah ini, mahasiswa UMMagelang bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat Grabag.

"Salah satunya adalah kegiatan pembagian antiseptik ini. Selain itu, kita juga memberikan edukasi pada masyarakat sekitar terkait wabah Covid-19," ujarnya.

Edukasi Masyarakat

Mahasiswa UMMagelang usai gelar aksi pembagian antiseptik di pasar Grabag. (foto: Dok. UMMagelang)

Para mahasiswa aliansi tersebut juga mengajak kepada masyarakat untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk diri sendiri dan lingkungan agar terhindar dari Covid-19.

"Kami juga mengajak rekan-rekan mahasiswa lainnya di manapun berada. Mari kita berperan aktif dimulai dari lingkungan sekitar untuk melawan Covid-19," ajak lelaki yang juga mantan Presiden Mahasiswa UMMagelang tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Arif Mubarok, salah satu anggota dari Aliansi Aktivis Grabag merasa bersyukur bisa mengikuti kegiatan bersama MCCC. Menurutnya, antiseptik memang saat ini banyak dibutuhkan masyarakat karena mahal dan langka di pasaran.

“Kita sudah lama sekali dikarantina di rumah, kita kuliah juga online dengan tugas-tugas yang diberikan dosen, tapi bukan berarti kita tidak bisa berbuat baik untuk sesama masyarakat. Rasanya senang kalau kita bisa membantu sesama,” ungkap mahasiswa Fakultas Hukum yang juga ketua IMM Fakultas Hukum ini. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?