API. Siswa SD dengan didampingi petugas pemadam sedang praktik memadamkan api. (foto: ist)
Siedoo.com - API. Siswa SD dengan didampingi petugas pemadam sedang praktik memadamkan api. (foto: ist)
Daerah

Kampus Mengajar Angkatan 7 SDN Pamujaan dan Hima FKIP Ma’soem University Gelar Festival Pendidikan

BANDUNG, siedoo.com – Tim Kampus Mengajar angkatan 7 SDN Pamujaan, Bandung berkolaborasi dengan Hima FKIP Ma’soem University mengadakan kegiatan Festival Pendidikan, Kamis 2 Mei 2024.

Kegiatan berlandaskan literasi mitigasi bencana ini bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Menyongsong tema “Membangun Negeri Dimulai dari Literasi,” kegiatan ini berfokus pada meningkatkan tingkat literasi siswa. Melalui kegiatan mitigasi bencana bersama pemadam kebakaran untuk menanamkan sikap awas dan waspada terhadap bencana kebakaran.

Kegiatan bukan hanya diisi dengan praktek mitigasi bencana dengan pemadam kebakaran saja. Kegiatan dimulai dengan serangkaian kegiatan outing class, yakni kegiatan pembelajaran menyenangkan di luar kelas yang menggabungkan materi dan permainan. Outing class dilakukan guna membuat pemahaman awal siswa tentang bencana kebakaran.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan praktik mitigasi bencana dengan pemadam kebakaran. Siswa diajarkan untuk memadamkan api menggunakan kain basah dan APAR.

Para peserta yang meliputi peserta didik kelas 1-6 nampak antusias mengikuti kegiatan. Hal ini menjadi sesuatu yang membanggakan karena sesuai dengan apa yang diharapkan oleh  perwakilan dari Hima FKIP.

“Saya berharap kegiatan ini menjadi pembelajaran dan pengalaman yang menyenangkan baik untuk peserta didik maupun panitia,” ucap Nurul Aufiya Ramadhani.

Hal senada pun disampaikan Ketua Tim Kampus Mengajar SDN Pamujaan, Aji Rahmat. Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para peserta didik dan seluruh warga sekolah.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi pembelajaran yang penting untuk semua. Karena bencana tak dapat diduga kapan datangnya. Sehingga penting dilakukan pembelajaran mitigasi bencana,” tambah Aji Rahmat.

Dalam menyambut kegiatan sekolah sangat antusias. Sekolah sangat berterimakasih atas kolaborasi antara Kampus Mengajar Angkatan 7 dan Hima FKIP Ma’soem University yang mengadakan pembelajaran yang menyenangkan.

Baca Juga :  Filosofi Kualitas, Dilantik di Kebun 16 Kepala Sekolah Berpakaian Tradisional

“Terima kasih banyak atas kolaborasi antara Kampus Mengajar dan Hima FKIP yang telah mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk siswa. Semoga acara ini berkesan dan bermanfaat untuk semua,” ujar Bu Imas Yunika, S.Pd. (rilis/siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?