Pejabat dari Disnaker sedang memoderatori pembicara dalam kegiatan pengenalan karir di UM Magelang. Tujuan acara ini mengenalkan dunia kerja kepada mahasiswa.

Daerah Featured

Perkenalan Mahasiswa dengan Dunia Kerja


MAGELANG – Perguruan tinggi berusaha mempersiapkan para mahasiswanya untuk siap bekerja. Tidak hanya dibekali ilmu pengetahuan semata. Skill yang memadahi juga diberikan perguruan tinggi agar ketika mahasiswa lulus, bisa langsung diterima ke dalam dunia kerja.

Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang mengadakan layanan pusat karir selama beberapa hari. Kegiatan yang mengusung tema “Mengenal Dunia Kerja” tersebut diadakan LPMA yang bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Magelang.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UM Magelang Drs Mujahidun M.Pd berpesan kepada mahasiswa agar kegiatan tersebut bisa dijadikan bekal. Yaitu, bagi para mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Kegiatan itu merupakan salah satu service UM Magelang untuk calon alumni.

“Selain pembekalan lain, berupa softskill serta enterpreneurship,” katanya.

Dua pemateri menjadi narasumber dalam acara yang diadakan di Aula Fikes UM Magelang itu. Keduanya yakni Ahmad Rasyid Hendarto S.Psi dan Rahmawati SH. Dalam materinya, Ahmad Rasyid Hendarto yang menjabat sebagai HRD PT Permodalan Nasional Madani (PNM) membagikan tips dan pengalamannya ketika melamar pekerjaan.

Ia memberikan tips tentang bagaimana memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginan sampai ke tahap interview dan psikotes. Ketika ingin melamar suatu pekerjaan, ada hal-hal yang harus dipersiapkan.

“Pertama pilih perusahaan yang diminati, kemudian pilih sesuai minat dan keahlian. Dan yang terakhir adalah sesuaikan gaji dengan keinginan kita,” jelas Rasyid.

Adapun Rahmawati SH yang bekerja sebagai pengawas Audit di PT PNM menyampaikan, pekerjaan haruslah disenangi dari hati terlebih dahulu. Memulai sebuah karir tidak harus dimulai dari jabatan tinggi.

“Bisa mulai dari jabatan apa saja. Hal terpenting adalah kita mau berusaha dan berdoa,” jelas Rahma.

Ia juga menceritakan perjuangannya dari mulai menjadi marketing sebuah bank swasta. Hingga dirinya menjadi pengawas audit PT PNM yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketua panitia kegiatan Irham Nugroho MPdI mengatakan, kegiatan pengenalan dunia kerja tersebut dikhususkan bagi 750 mahasiswa semester 7 UM Magelang. Karena jumlah mahasiswa yang tidak memungkinkan untuk dijadikan satu, maka kegiatan tersebut dibagi menjadi 4 hari.

Hari pertama (Senin) untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), hari kedua (Selasa) untuk mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Hukum (FH), hari ketiga (Rabu) untuk mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) dan Fakultas Teknik (FT). Di hari terakhir (Kamis) untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes).

Apa Tanggapan Anda ?