CINDERA MATA. Bupati Magelang Zaenal Arifin menerima cindera mata dari Wali Kot Magelang dr Muchamad Nur Aziz. (foto: prokompim)
Siedoo.com - CINDERA MATA. Bupati Magelang Zaenal Arifin menerima cindera mata dari Wali Kot Magelang dr Muchamad Nur Aziz. (foto: prokompim)
Daerah

Kesepakatan Bersama Antar Daerah Eks Karesidenan Kedu Plus Didukung Pemkot Magelang

MAGELANG, siedoo.com – Penandatanganan Kesepakatan Bersama Kerja Sama Daerah Wilayah Eks Karesidenan Kedu Plus yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten Magelang di Pendopo Setda Kabupaten Magelang, Rabu (28/12/2022), disambut baik Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengatakan, kolaborasi antardaerah di wilayah eks Karesidenan Kedu penting dilakukan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan secara optimal. Serta yang lebih penting dalam upaya meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Kita mendukung Pemerintah Kabupaten Magelang telah membuat inovasi, berupa kolaborasi antar beberapa kabupaten/kota, (misalnya) terkait kemungkinan ancaman bencana alam, ini memudahkan kerja sama secara langsung dengan OPD masing-masing,” ujar Dokter Aziz.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama Kerjasama Daerah Wilayah Eks Karesidenan Kedu Plus dihadiri Bupati Magelang Zaenal Arifin, serta perwakilan kepala daerah eks Karesidenan Kedu, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Semarang.

Bupati Magelang Zaenal Arifin menjelaskan, kesepakatan bersama ini merupakan sebuah langkah positif dalam rangka mengoptimalkan segala sumber daya demi menghasilkan efektifitas dan efisiensi pelayanan publik saling menguntungkan bagi masing-masing pihak, yang pada ujungnya bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Implementasi dalam penyelenggaraan kerja sama wajib antar daerah, pada kerangka otonomi daerah dalam penerapan di lapangan menjadi konsep yang perlu disinergikan dan dikuatkan kembali,” ungkap Zaenal.

Menurut Zaenal, pemaknaan otonomi daerah pada dinamika yang berkembang pada awalnya dianggap sebagai tameng atau kekuatan bagi daerah yang lebih mengarah kepada egosentris, tanpa memperhatikan sinergitas daerah dalam membangun wilayah dan juga lintas daerah.

“Maka, melihat kondisi tersebut, Pemerintah Daerah dituntut untuk selalu berupaya dalam peningkatan kualitas serta menjamin ketersediaan pelayanan publik yang memerlukan kerjasama antar daerah,” tandasnya.

Pihaknya berharap, melalui penandatanganan kesepakatan bersama ini akan mampu memperkuat sinergitas sekaligus bisa meningkatkan persahabatan antar daerah, terjalin hubungan kerja sama dan komunikasi yang baik dan saling menguntungkan, serta bisa menambah nilai manfaat ekonomi maupun sosial budaya yang pada ujungnya nanti akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Mahasiswa Siapkan Pendidikan Karakter di Lereng Sumbing

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang Adi Waryanto menambahkan, kegiatan ini sudah lama dirintis dengan mengadakan rapat koordinasi dengan Anggota Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah Wilayah Kedu ditambah Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Semarang dan telah dilakukan sebanyak tiga kali rapat persiapan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut memfasilitasi proses penyusunan Kesepakatan Bersama ini,” ucap Adi. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?