Inovasi

TOURAJA Karya Mahasiswa UM, Solusi Berwisata Disaat Pandemi

Siedoo, TOURAJA sebagai aplikasi penyedia jasa tour guide berbasis Artificial Intelligence (AI), mampu memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi di Malang dan Madura, Jawa Timur. Hadirnya aplikasi ini dapat menjadi solusi dalam menjawab tantangan industri pariwisata di tengah Pandemi Covid-19 saat ini.

Pemerintah juga telah menggagas solo travel tour dan touchless tourism untuk dapat diterapkan dalam pariwisata. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi TOURAJA ini hadir disaat yang tepat.

Aplikasi TOURAJA dibuat oleh inovator muda dari Universitas Negeri Malang (UM) yaitu Anita Widyawati, Fina Zakiyatun Nufus, Surrotul Hasanah, Indra Bagus Yudistira, dan Lili Rahmawati. Aplikasi ini merupakan salah satu bukti bahwa masih banyak generasi muda yang peduli pada industri pariwisata.

Tampilan aplikasi TOURAJA didesain dengan sederhana dan menarik. Sehingga, memudahkan para pengguna pada saat penggunaan aplikasi.

Hal yang mendasari pengembangan aplikasi TOURAJA ini adalah sektor pariwisata yang turut terdampak pandemi Covid-19. Bidang pariwisata mengalami penurunan tajam kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Padahal, industri pariwisata menjadi salah satu sumber pendapatan terbesar negara maupun daerah yang sangat potensial.

Berkaitan hal tersebut maka diperlukan terobosan baru yang dapat mendukung industri pariwisata Indonesia. Dimana, mahasiswa UM menciptakan aplikasi tour guide AI yang diberi nama TOURAJA itu.

Pengguna hanya perlu membayar Rp 50 ribu untuk tour guide AI nya, maka akan mendapatkan petunjuk jalan (map) dan detail penjelasan. Seperti berupa audio dari AI - nya tentang destinasi wisata yang bisa diakses dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Harga tersebut relatif terjangkau apabila dibandingkan dengan aplikasi sejenis karena menawarkan pemanduan yang dilengkapi dengan artificial intelligence yang dapat berkomunikasi dua arah.

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Bikin Produk Teh Rempah-rempah

TOURAJA juga dilengkapi dengan fitur pemesanan tiket pariwisata dan beberapa fitur lainnya seperti akomodasi dan transportasi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat diakses baik secara online maupun offline, untuk mengantisipasi ketika pengguna berkunjung ke tempat-tempat wisata yang susah sinyal.

Aplikasi ini akan terus dikembangkan hingga bisa mengakomodasi destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia. TOURAJA cukup mudah diakses karena dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Untuk lebih jelasnya, cara kerja dari aplikasi TOURAJA dapat dilihat di akun Youtube “TourAja Official” dan Instagram resmi “@tourajaofficial” TOURAJA. (*)

Apa Tanggapan Anda ?


Tagged