Daerah

Safari Ramadhan ala Mahasiswa UM 

MALANG - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur menggelar beberapa acara di Desa Permanu, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Safari Ramadhan salah satunya dilangsungkan di SMP PGRI 02 Pakisaji untuk menambah kemeriahan di bulan Ramadhan tahun ini. Safari Ramadhan adalah puncak acara dari rangkaian kegiatan selama bulan Ramadhan.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 37 siswa. Mereka terdiri dari siswa kelas 7, 8 dan 9 serta jajaran guru dari SMP PGRI 02 Pakisaji. Siswa-siswi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, mereka datang tepat waktu dengan memakai baju busana muslim.

Acara dikonsep dengan menghadirkan pemateri ustadz Basuki untuk memberikan tausyiah kepada siswa-siswi SMP PGRI 02. Kegiatan diawali dengan mengisi presensi terlebih dahulu, kemudian sholat Ashar dilanjutkan dengan acara pembukaan yang disampaikan Kepala SMP PGRI 02. Lalu dilanjutkan dengan kuis dan sharing motivasi yang ditujukan pada siswa-siswi.

“Saya berharap semoga selalu ada kegiatan yang seperti ini. Tidak hanya buka puasa bersama saja, tapi bisa ditambahi dengan kegiatan seperti lomba-lomba keagamaan dan pesantren Ramadhan. Sehingga nantinya siswa juga bisa berpartisipasi aktif dalam acara atau kegiatan ini nantinya,” kata Zaki Agusnurwandi, ketua pelaksana kegiatan.

Setelah pemberian kuis, acara dilanjutkan dengan tausyiah dari ustadz Basuki yang mengangkat tema “Amalan yang Dilakukan di Bulan Ramadhan”. Tausyiah pun berakhir pada pukul 17.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan pujian/sholawat bersama-sama sambil menunggu waktu Maghrib.

Setelah itu dilanjut sholat magrib berjamaah bersama ustadz Basuki. Selesai sholat, mereka melanjutkan dengan buka bersama.

“Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada kepala sekolah dan staf SMP PGRI 02 Pakisaji, adik-adik siswa/i SMP PGRI 02 Pakisaji serta teman-teman KKN Permanu UM yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ujar Zaki.

Acara ini bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan pihak sekolah dan juga bersilahturahmi, antara mahasiswa KKN dengan sekolah SMP PGRI 02 Pakisaji.

"Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih karena sudah mengadakan kegiatan seperti ini. Semoga kegiatan seperti ini bisa dilakukan di setiap tahunnya," imbuh Triana Lestari, S.Pd, Kepala SMP PGRI 02 Pakisaji. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?

Tagged