Daerah

Mahasiswa UM Berupaya Tingkatkan Keterampilan Guru TK dan PAUD

MALANG - Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Jawa Timur menunjukkan kepeduliannya di dunia pendidikan. Mahasiswa menggelar Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif dengan Teknik Origami dan Kirigami bagi Guru TK se-Kecamatan Pakisaji, Malang.

Kegiatan pelatihan ini ditujukan untuk guru TK dan PAUD se kecamatan Pakisaji yang di sampaikan Drs. Usep Kustiawan, M.Sn, Dosen Universitas Negeri Malang. Tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan guru TK dan PAUD di kecamatan Pakisaji dalam pembuatan alat permainan edukatif dengan teknik origami dan kirigami.

Selain itu, pelatihan dijadikan sarana berdikusi dan juga silahturami mahasiswa UM dengan seluruh guru TK dan PAUD se-Kecamatan Pakisaji.

"Pelatihan origami dan kirigami bisa membantu meningkatkan keterampilan para pendidik untuk guru TK dan PAUD se- Indonesia, khususnya di Pakisaji," kata Mochamad Gustyawan Nur Utomo, ketua pelaksana pelatihan.

Digelarnya pelatihan ini tidak lepas dari kondisi bahwa, kreativitas merupakan aspek terpenting bagi setiap anak, tidak terkecuali bagi anak usia dini. Tinggi rendahnya kreativitas yang dimiliki anak, baik di sekolah maupun di rumah, akan dapat berpengaruh terhadap prestasi belajarnya.

Untuk itu, kreativitas yang dimiliki anak masih harus dikembangkan lagi, serta difasilitasi dengan berbagai sarana dan prasarana. Salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas anak adalah dengan seni melipat kertas (origami) dan menggunting kertas (kirigami).

Kurangnya kreativitas anak, khususnya dalam keterampilan seni melipat dan mengunting kertas dapat dipengaruhi dari banyak faktor. Contohnya seperti kurangnya kreativitas dari anak itu sendiri, sarana dan prasarana, dan lingkungan yang kurang mendukung.

"Pelatihan ini agar nantinya, para penerus bangsa yang masih menempuh pendidikan di taman kanak-kanak dapat diajarkan suatu kreativitas yang dapat mengembangkan kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh anak," jelas ketua pelaksana pelatihan. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?

Tagged