Daerah

Daya Tarik Beasiswa di PPDB SMK Muhammadiyah Kota Magelang

MAGELANG - Proses Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kota Magelang, Jawa Tengah dibuka mulai Januari 2021. Ada dua pilihan cara pendaftaran, yaitu dapat dilakukan secara online dan offline.

Terdapat bonus atau keringanan yang berbeda-beda pada tiap waktu pendaftaran. Pendaftar gelombang I akan mendapat gratis biaya pendaftaran serta potongan 50 persen untuk seragam. Pendaftar gelombang II akan gratis biaya pendaftaran dan potongan 25 persen biaya seragam. Sedangkan untuk gelombang III akan membayar secara penuh keseluruhan biaya.

Tidak ada pembatasan kuota yang ditetapkan dalam setiap jurusannya. Kelas akan dibuka sebanyak jumlah peminat tanpa ada batasan. Dengan ketentuan ini diharapkan siswa-siswi dapat lebih termotivasi untuk mengembangkan minat dan potensi dirinya menjadi lebih baik.

"Diantara enam jurusan, multimedia adalah jurusan favorit dengan peminat terbanyak. Jumlah pendaftar di jurusan multimedia biasanya mencapai dua kali lipat dibandingkan jurusan lain. Multimedia juga pernah mengantongi juara 1 Lomba Film Pendek IFEST MIPA UMS pada tahun 2020," kata Karim S.Pd., M.Pd., Ketua Pelaksana PPDB 2021.

Untuk pendaftaran online dapat melalui link yang ada di website SMK Muhammadiyah dan pendaftaran offline dapat dilakukan dengan datang langsung ke sekolah. Calon peserta didik wajib melengkapi data-data yang diperlukan untuk pendaftaran, diantaranya fotokopi ijazah atau rapor, fotokopi akta kelahiran, fotokopi kartu keluarga, pas foto 3x4 sebanyak 4 lembar.

SMK Muhammadiyah yang di Jl. Tidar 21 Kota Magelang membuka tiga gelombang pendaftaran siswa baru. Gelombang I dibuka mulai Januari-Maret, gelombang II mulai Maret-Mei, dan gelombang III yaitu mulai Mei-Juli 2021.

Terdapat enam jurusan yang tersedia, yaitu Akuntansi & Keuangan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring Pemasaran, Multimedia, Teknik & Bisnis Sepeda Motor, dan Farmasi. SMK Muhammadiyah Kota Magelang juga memiliki banyak ekstrakurikuler yang dapat dipilih siswa sesuai minatnya.

Baca Juga :  SMK Muhammadiyah Kota Magelang Gelar Donor Darah dan Master Chef SKAHIMA

Terdapat delapan jenis ekstra diantaranya; beladiri tapak suci, kepanduan, kelas desain, kelas film, kelas foto dan video, kelas musik, kelas kewirausahaan, dan yang terakhir adalah tari. Walaupun disaat pandemi ini beberapa ekstra tidak bisa dilakukan, namun masih ada ekstra yang masih berjalan melalui online, seperti kelas desain, kelas film, kelas foto dan video.

Secara definisi, misi SMK Muhammadiyah Kota Magelang adalah untuk mencetak generasi yang bertaqwa dan berkualitas. Tidak hanya fokus pada bidang akademik, namun juga pendidikan karakternya. Sekolah ini juga mempunyai ekstra kurikuler baru sebagai bentuk pendalaman karakter, yaitu tahfidz dan tilawah.

SMK Muhammadiyah Kota Magelang bekerjasama dengan yayasan amal Lazizmu untuk meberikan bantuan biaya atau beasiswa pada siswa-siswi yang tidak mampu. Selain itu juga terdapat beasiswa yang diberikan oleh sekolah pada siswa-siswi berprestasi. Dengan adanya beasiswa diharapkan dapat membantu meringankan beban biaya para siswa sekaligus menjadi motivasi untuk terus berprestasi.

Pihak sekolah menargetkan sejumlah 250 siswa baru di angkatan 2021. Beberapa sarana belajar mengajar sedang dalam masa perbaikan dan pembangunan untuk menyambut para siswa ini. Saat ini sedang ada pembangunan Ruang Praktek Siswa (RPS) bagi jurusan multimedia, yang mana jurusan multimedia merupakan jurusan dengan jumlah pendaftar terbanyak sehingga membutuhkan ruang yang lebih.

Total siswa saat ini adalah sejumlah 420 siswa yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII. Jumlah tersebut masih dapat berubah-ubah dengan pertimbangan siswa kelas XII yang sudah lulus dan proses PPDB yang masih berjalan. Pendaftar PPDB gelombang III akan ditutup pada 12 Juli 2021.

Tahapan pendaftaran selain registrasi data pribadi dan pembayaran, ada pula tes wawancara yang bertujuan untuk melihat kepribadian dan karakter para siswa. Tes fisik juga dilakukan untuk menghindari siswa yang bertato atau bertindik.

Baca Juga :  Siswa SD Bentuk Klub Pecinta Buku

"Proses PPDB gelombang III tengah berjalan. Kami para guru beserta seluruh karyawan siap membimbing dan menyambut para calon siswa untuk bergabung bersama keluarga SMK Muhammadiyah Kota Magelang," jelas Karim. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?