Advertorial Daerah

Agar Tak Gagap Hadapi UNBK, Siswa Jajal Ujian Pakai Smartphone

MAGELANG – Dalam wacana nasional, Mendikbud Nadiem Makarim hendak mengganti Ujian Nasional (UN) dengan sistem penilaian baru pada 2021 mendatang. Tahun 2020 ini tetap ada UN sebagai syarat kelulusan siswa dari sekolahnya. Menyikapi hal itu, perlu bersiap sejak dini dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sebagai persiapannya, SMK Muhammadiyah Kota Magelang, Jawa Tengah menggelar ‘Pra UNBK Berbasis Smart Phone’ untuk siswa kelas XII semua jurusan, 22-23 Januari. Mereka mengerjakan soal-soal ujian menggunakan smartphone melalui alamat IP yang telah ditentukan sekolah.

Uji Kesiapan Siswa

Menurut ketua penyelenggara kegiatan, Nunik, S.Pd, jumlah peserta kegiatan 125 siswa dari semua jurusan. Dari jumlah peserta tersebut dibagi dalam 7 ruang ujian. Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran Kejuruan.

Pra UN ini dilaksanakan sebagai media uji kesiapan siswa menghadapi UNBK. Hanya saja memang modelnya menggunakan smartphone. Sehingga dengan pembiasaan semacam ini, siswa tidak lagi gagap mengerjakan UNBK nantinya.

“Kegiatan ini untuk membiasakan anak-anak tidak asing dengan soal-soal ujian dan melatih sportivitas kompetisi antarsiswa," jelasnya.

Nunik menambahkan dengan dengan membiasakan berlatih menggunakan smartphone, diharapkan siswa tidak gagap saat melaksanakan UNBK sesungguhnya.

“Nilai yang mereka peroleh akan diranking sesuai jurusannya. Sehingga meski hanya latihan, kegiatan ini menjadi ajang kompetisi antarsiswa,” imbuhnya.

Siswa Mengetahui Gambaran Soal

Bagi siswa yang smartphone-nya belum support, maka disediakan laboratorium komputer untuk mengerjakan latihan ujian. Sedangkan bagi yang sudah selesai mengerjakan akan submit dan nilai akan masuk terekam di dalam sistem.

Salah satu peserta Pra UNBK, Yeni (17) mengaku antusias mengikuti pra UNBK di sekolahnya. Siswi Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Pemasaran (OTKP) ini perlu kesiapan matang dan ketelitian dalam mengerjakan soal.

“Dengan Pra UNBK ini, saya dan para peserta mendapatkan gambaran tentang soal-soal yang akan diujikan dan mendukung soal yang ada di modul,” kata Yeni.

Yeni mengungkapkan, bagi calon peserta UNBK yang perlu disiapkan adalah belajar dengan sungguh-sungguh. Terlebih para guru mapel telah memberikan pendalaman materi.

“Bila pendalaman materi telah dilakukan, tinggal kita mengatur waktu belajar dengan sebaik-baiknya. Sehingga saat UNBK tiba, sudah benar-benar siap,” ungkap Yeni. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?