Robot yang dipersiapkan untuk dipamerkan dalam Expo Pendidikan 2016. Ajang ini juga akan diikuti perwakilan SMK dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Daerah

Siswa Hendak Pamerkan Karya Robotik

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Para siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan tengah disibukkan dengan perakitan robotika sekolah. Berbagai komponen robotika disusun menjadi sebuah bentuk mobil-mobilan. Perakitan robotika ini untuk mempersiapkan perhelatan Expo Pendidikan 2016 di Lapangan Drh Soepardi Sawitan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Acara ini dikabarkan akan diikuti perwakilan SMK dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Karya robotika akan dipamerkan di Expo Pendidikan pada 2 – 4 November 2016 mendatang. Acara tersebut menampilkan berbagai inovasi dan keunggulan yang dimiliki sekolah dalam lingkup SMK. Sejumlah SMK di seluruh Kabupaten Magelang rencananya akan ikut unjuk gigi dalam perhelatan itu.

“Robotika sudah mulai diperkenalkan ke siswa sejak kami melihat bahwa tuntutan dari perkembangan zaman. Kini, dunia industri semakin banyak menggunakan peralatan robotik,” kata Ketua Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Novi Setiaji, Sabtu (29/10/2016).

Ia mengatakan, saat ini SMK Muhammadiyah 2 Muntilan mempersiapkan diri untuk memasukkan pengetahuan tentang robotika kedalam kegiatan ekstrakurikuler. Pengetahuan ini mulai dipelajari sebagai langkah awal untuk memberikan pengetahuan lebih, bagi peserta didik diluar modul pembelajaran dikelas. Upaya ini dimaksudkan untuk mempersiapkan bekal pengetahuan bagi siswa khususnya bidang robotika.

“Dalam Expo Pendidikan nanti siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan juga akan menampilkan bank mini syariah. Selain itu juga sebuah karya desain grafis dari siswa,” jelasnya.

Apa Tanggapan Anda ?