HADIRI. Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin memberikan hadiah sepeda. (foto: prokompimkabmgl)
Siedoo.com - HADIRI. Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin memberikan hadiah sepeda. (foto: prokompimkabmgl)
Daerah

Hadiri Peringatan HKN dan HAN, Bupati Magelang: Tumbuh Kembang Anak Tanggang Jawab Bersama

MAGELANG, siedoo.com – Bupati Magelang Zaenal Arifin menghadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional (HKN) ke-30 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 Tahun 2023 tingkat Kabupaten Magelang bersama Ketua TP PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin dan jajaran Forkompimda serta OPD terkait di Gor Gemilang, Komplek Setda Kabupaten Magelang, Selasa 15 Agustus 2023.

———

Dinyatakan anak adalah bagian yang tidak dapat terpisahkan dari sebuah generasi, peradaban dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Namun hingga saat ini masih menjadi tantangan bagi semua, untuk dapat memenuhi hak dan memberikan perlindungan kepada anak.

Menurut Zaenal Arifin, anak-anak merupakan advokat terbaik bagi sesama anak-anak lainnya. Anak-anaklah yang paling mengetahui informasi dan isu-isu anak yang harus segera diselesaikan, dan solusi-solusi atas berbagai permasalahan anak.

“Melalui peringatan Hari Anak Nasional inilah kita dan seluruh komponen bangsa diajak untuk secara aktif ikut terlibat dalam setiap upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak. Sebab, segala perkara tumbuh kembang anak bukan hanya tanggung jawab dari Pemerintah, melainkan juga merupakan tanggung jawab seluruh komponen lain, termasuk anak itu sendiri,” kata, Zaenal Arifin.

Ia juga berharap, agar anak-anak lebih berani speak up, baik sebagai pelopor maupun pelapor untuk pencegahan perkawinan anak, serta kekerasan dan eksploitasi ekonomi terhadap anak.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun rasa kepedulian, kebersamaan, gotong royong, kerja sama serta saling dukung/saling kolaborasi yang melibatkan elemen masyarakat dalam menyukseskan Progam Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), Program Percepatan Penurunan Stunting, Progam Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, serta Program Perlindungan Anak di Kabupaten Magelang.

Baca Juga :  Kepala OPD hingga Kades di Kabupaten Magelang Dituntut Ciptakan Budaya Anti Korupsi

Hal ini juga sesuai dengan Amanat Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, produktif dan pencapaian pembangunan yang berkelanjutan. (prokompim/kabmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?