MENYAKSIKAN. Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani, jajaran Forkompimda, para Camat dan OPD saat menyaksikan Parade Gebyar Seni Budaya Kabupaten Magelang Tahun 2023. (foto: prokompimkabmgl)
Siedoo.com - MENYAKSIKAN. Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani, jajaran Forkompimda, para Camat dan OPD saat menyaksikan Parade Gebyar Seni Budaya Kabupaten Magelang Tahun 2023. (foto: prokompimkabmgl)
Daerah

Parade Gebyar Seni Budaya Kota Mungkid Tahun 2023 Berlansung Meriah

MAGELANG, siedoo.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang menggelar kegiatan Parade Gebyar Seni Budaya Kota Mungkid Tahun 2023. Hal ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

———

Acara tersebut berlangsung sangat meriah di sepanjang jalan Soekarno Hatta, Kota Mungkid atau di depan Kantor Pemkab Magelang, Sabtu 26 Agustus 2023.

Parade atau Karnaval Budaya tingkat Kabupaten Magelang ini akan menampilkan berbagai potensi unggulan di Kabupaten Magelang, baik potensi budaya, ekonomi, kelembagaan, kesenian, pendidikan maupun potensi unggulan lainnya.

Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein menyampaikan, Parade Gebyar Seni Budaya ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI .

Parade tersebut digelar dalam bentuk Karnaval Budaya yang dilaksanakan di jalan Soekarno Hatta, Kota Mungkid, lebih tepatnya di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Magelang.

“Selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, Parade ini juga digelar untuk mengenang perjuangan para pahlawan negara yang telah berjuang dalam meraih kemerdekaan,” kata Husein.

Lanjut Husein, Parade Gebyar Seni ini juga bertujuan untuk melestarikan kesenian daerah serta menumbuhkan kecintaan masyarakat akan seni dan budaya asli dari Kabupaten Magelang.

“Parade Gebyar Seni Budaya ini juga diikuti oleh 21 perwakilan dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Magelang ditambah organisasi masyarakat dengan total 25 peserta,” beber Husein.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan Parade Gebyar Seni Budaya dalam bentuk Karnaval Budaya ini.

Ia memandang kegiatan ini merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam turut mendukung pengembangan serta pelestarian adat, tradisi, budaya daerah dan kearifan lokal sebagai warisan leluhur yang harus selalu dirawat dan dipertahankan.

Baca Juga :  Tingkatkan Ketrampilan Mahasiswa, Fikes UNIMMA Gelar Pelatihan Akupresur

“Semoga kegiatan ini bisa menambah semarak dan semangat kita dalam memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI,” kata Zaenal Arifin.

Menurut Zaenal, kearifan lokal merupakan aset yang sangat berharga dan bisa menjadi investasi untuk masa depan.

Kebudayaan Kabupaten magelang yang merupakan bagian dari kebudayaan nasional harus tetap dijaga dan dilestarikan di tengah perubahan global yang pesat, yang mana bisa mengancam identitas bangsa dan negara.

Lebih-lebih, Karnaval Budaya ini tidak hanya menjadi ajang perayaan hiburan semata, tetapi juga untuk di jadikan momentum kesempatan memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan lokal kepada masyarakat luas.

“Kegiatan ini juga berperan penting dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keragaman budaya serta memupuk rasa saling menghormati dan toleransi antar suku dan agama. Kita semua juga berharap, even karnaval ini dapat menambah semangat kita untuk terus berkarya nyata guna membangun Kabupaten Magelang yang Sedaya Amanah,” ungkap Zaenal. (prokompim/kabmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?