Kegiatan

SMP Negeri 8 Kota Magelang Gelar Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis Online

KOTA MAGELANG - Jelang Penilaian Tengah Semester (PTS), SMP Negeri 8 Kota Magelang, Jawa Tengah menggelar Pelatihan Pembuatan Soal berbasis Online. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, Rabu dan Kamis (10-11/2/2021) di aula SMP Negeri 8 Kota Magelang.

Pelatihan dipandu tim IT yang beranggotakan 4 orang di antaranya Nurul Chayati, S.Pd.I, Meiga Indah Puspita Sari, S.Pd, Kurnia Pramukanthi, S.Pd, Rizki Putri Sekarini, M.Pd. Mereka ini sekurang-kurangnya melatih 40 guru.

"Kami bentuk menjadi dua sesi mengingat kita harus mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi. Jadi dibagi dua sesi agar bisa menjaga jarak dan tidak membuat kerumunan. Kalau isi substansinya sama," ujar Hendri Hendarto, Waka Kurikulum SMP Negeri 8 Kota Magelang.

Dijelaskan bahwa, materi pelatihan berkisar tentang panduan membuat soal dengan menggunakan aplikasi Quil Go. Di dalamnya para guru dibekali teknis pembuatan sampai penilaian PTS.

Aplikasi Quil Go dipilih sebagai media PTS online karena dinilai lebih memudahkan guru untuk mengontrol siswa agar tidak terjadi kecurangan ketika melaksanakan PTS.

"Selain kita bisa mengontrol, kita juga bisa tau siswa yang sudah mulai mengerjakan dan kita bisa lihat siapa yang tidak fokus dan membuka aplikasi lain. Jadi diharapkan lebih aman dalam mengontrol kecurangan," jelas Nurul Chayati, S.Pd.I, Tim IT SMP Negeri 8 Kota Magelang.

Ditambahkan bahwa, kelebihan menggunakan media online juga memudahkan guru dalam rekap nilai. Karena hasil penilaian bisa direkap langsung setelah selesai dilaksanakan PTS.

Hendri mengaku pada Penilain Akhir Semester (PAS) lalu, SMP Negeri 8 Kota Magelang telah menerapkan ujian dengan media online Quil Go. Menurutnya dengan menggunakan Quil Go penilaian menjadi lebih efektif. Sayangnya, pada semester lalu belum semua guru mampu mengoperasikan Quil Go.

"Maka diselenggarakan pelatihan supaya semua guru mampu mengoperasikan aplikasi tersebut," jelasnya.

Baca Juga :  44 Mahasiswa UNIMMA Angkat Sumpah Profesi Ners

Untuk diketahui, PTS akan dilaksanakan pada awal Maret nanti. Hendri berharap pelatihan ini dapat menjadi bekal para guru agar mampu memberikan fasilitas yang baik pada murid selama pembelajaran daring. (prokompim/kotamgl) (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?