Siswa dan guru SMPN 8 Kota Magelang sholat gaib berjamaah di masjid sekolah, Rabu (4/12/2019). l foto : Nur Anisa l Siedoo

Advertorial Daerah

Mantan Guru Biologi Meninggal, Keluarga Sekolah Dirikan Shalat Gaib


MAGELANG - Sejumlah guru dan siswa SMPN 8 Kota Magelang, Jawa Tengah melaksanakan sholat gaib dan membacakan doa bersama untuk almarhumah Siti Mardani, Rabu (4/12/2019), di masjid sekolah. Siti merupakan mantan guru SMPN 8 yang mengampu mata pelajaran biologi. Ia meninggal pada Selasa (3/12/2019) malam.

Kepala SMPN 8 Kota Magelang, Imam Baihaqi mengatakan, hal tersebut sengaja digelar sebagai bentuk kecintaan dan kepedulian. "Sebagai almamater ya kita minta untuk mendoakan dan sholat gaib bersama itu," ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan ini diikuti seluruh siswa muslim dari kelas 7 sampai kelas 9 dan sejumlah guru. Hal tersebut  untuk pembentukan karakter pada seluruh siswa.

"Tujuannya adalah pembentukan karakter dan memberikan pelajaran kepada siswa. Ketika ada teman, saudara, guru yang meninggal yang pertama seharusnya kita menyolatkan sebagai fardhu kifayah. Yang kedua untuk mendoakan agar terampuni dosanya dan diterima amal serta ibadahnya," imbuhnya.

Imam Baihaqi, mengaku hal ini sudah menjadi kebiasaan melaksanakan sholat gaib apabila ada musibah yang menimpa keluarga besar SMPN 8 Magelang.

"Dulu ketika ada pramugari yang meninggal, juga kami adakan sholat gaib, karena pernah menjadi bagian dari kami. Kalau kami tahu ya kami adakan sholat gaib bersama," terangnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Kariyono mengaku, kegiatan ini selain sebagai pembentukan karakter. Yaitu, sebagai bentuk implementasi dari pendidikan agama Islam.

"Yang pertama, sholat gaib itu kan juga bagian dari agama. Secara kurikulum, kan ada sholat wajib, sholat sunnah, dan lain-lain termasuk sholat gaib itu. Memang ditanamkan, tidak hanya waktu ada yang meninggal, tapi juga bencana alam pun anak-anak juga kami ajak untuk sholat gaib," katanya.

Ditambahkan, sholah gaib bersama juga menjadi upaya pembentukan hubungan harmonis antara siswa dengan guru. "Itu salah satu untuk mempererat hubungan guru dengan guru dan guru dengan siswa. Sekarang kalau sering sholat bareng, dengan guru akan merasa dekat," tambahnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?