Mencari mahasiswa baru. STAINU Temanggung dan SMK Maarif NU Bawang menggagas program akademik.

Daerah

STAINU Terus Memburu Mahasiswa Baru

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

BATANG – Upaya untuk menjaring mahasiswa baru terus dilakukan Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung, Jawa Tengah. Berbagai daerah terus disambangi agar target jumlah mahasiswa baru bisa terpenuhi. Tim sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STAINU Temanggung 2018-2019, melakukan sosialisasi ke SMK Maarif NU Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Kunjungan mereka diterima langsung kepala sekolah dan sejumlah dewan guru. Perwakilan yang hadir diantaranya Muh Syafi, Koordinator Tim Sosialisasi, Kaprodi PGMI Hamidulloh Ibda, Sekretaris Prodi PGMI Farinka Nurrahmah Azizah, Rindra Puspitasari anggota LPM dan Husna Nashihin Sekretaris Prodi PIAUD STAINU Temanggung.

Selama ini target calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di STAINU Temanggung minimal 1.000 orang. Maka langkahnya, sosialisasi sudah dilakukan ke berbagai daerah.

“Untuk tahun ini tidak hanya di Temanggung tapi juga di kabupaten di sekitar Temanggung dan Jawa. Bahkan kita sudah rencanakan sampai luar Jawa,” ujar Muh Syafi.

Saat sosialiasi di kelas, tim menjelaskan bahwa STAINU Temanggung memiliki dua jurusan yaitu Tarbiyah dan Syariah dengan prodi masing-masing. Pada jurusan Tarbiyah ada Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Sementara Syariah memiliki dua prodi yaitu Al Akhwal Al Syakhsiyah (AS) dan Ekonomi Syariah (ES).

“Ada banyak peluang siswa sini mendapatkan beasiswa. Mulai dari beasiswa prestasi, santri, dan beasiswa miskin serta beasiswa program akademik. Alhamdulillah sudah ada siswa yang positif nanti kuliah di STAINU Temanggung,” imbuh dia.

Sementara itu, Aris Wahidin Kepala SMK Maarif NU Bawang merespon baik niat STAINU Temanggung dalam mendorong lulusan SMK untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. SMK Maarif NU Bawang berdiri sejak 2013 silam.

“Untuk kelas tiganya ada lima kelas dan jurusannya ada dua yaitu Teknik Kendaraan Ringan dan Akuntansi,” ungkap dia.

Menurut dia, kalau yang cenderung meneruskan, memang sisiwa jurusan Akuntansi. Meskipun sebenarnya semua juga berpotensi meneruskan kuliah.

Ia menambahkan bahwa kerjasama dengan STAINU Temanggung tidak hanya saat sosialisasi saja. Namun ke depan, akan dilakukan kerjasama di bidang penguatan literasi, jurnalistik bahkan sertifikasi dengan adanya tim dari STAINU Temanggung untuk uji kompetensi di bidang akuntansi.

“Apalagi STAINU punya Prodi Ekonomi Syariah,” kata lulusan UIN Sunan Kalijaga itu.

Sementara itu, Muh Syafi, Koordinator Tim Sosialiasi merespon positif hal itu. Ia berharap STAINU bisa kembali bekerjasama.

“Kami punya beberapa dosen yang memang memiliki kompetensi untuk bisa diajak sinergi dengan SMK Maarif NU Bawang. Semoga ke depan rencana ini bisa terlaksana,” kata dia.

Apa Tanggapan Anda ?