Suasana Kongres XIX Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Kongres XVIII Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) di Ponpes KHAS Kempek, Kabupaten Cirebon, Ahad (23/12/2018). Tampak Menpora Imam Nahrawi yang turut hadir berada di tengah-tengah peserta kongres. (foto: tribunnews.com)

Nasional

IPNU-IPPNU Diminta Lebarkan Kiprahnya di Sekolah Umum

DPRD Kota Magelang

JAKARTA - Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) berada di garda terdepan dalam mensosialisasikan moderasi Islam di lingkungan pelajar. Demikian diharapkan Staf Khusus Menteri Agama RI, Gugus Joko Waskito.

Menurut Gugus, selama ini Nahdlatul Ulama (NU) dan semua badan otonomnya dinilai berada di garda terdepan dalam mengkampanyekan Islam moderat dan toleran. Peran ini juga diharapkan diperlihatkan oleh semua badan otonom NU, termasuk IPNU dan IPPNU.

Gugus berharap IPNU-IPPNU melebarkan kiprahnya di sekolah-sekolah umum, dan tak hanya banyak diminati di madrasah dan pesantren. Sehingga, para siswa sekolah umum juga memiliki wawasan dan pemahaman keagamaan Islam yang moderat dan toleran.

“IPNU dan IPPNU yang mempunyai jejaring di sekolah, khususnya Madrasah Aliyah, mempunyai peran yang strategis dalam penyebaran moderasi Islam di Indonesia,” kata Gugus.

Gugus juga mengapresiasi terpilihhnya Ketua IPNU dan IPPNU yang baru di  Kongres XIX IPNU yang berlangsung di Pondok Pesantren KHAS, Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (25/12/2018). Dalam kongres kemarin, Aswandi asal Jambi terpilih menjadi Ketua IPNU periode 2018-2021 setelah memperoleh 257 suara dari total 429 suara yang masuk.

Pegang amanah

Aswandi mengaku akan memegang amanah ini dengan baik dan akan membawa IPNU sesuai dengan yang dicita-citakan para pendirinya. Ia ingin kader IPNU nantinya bisa berkiprah di semua bidang yang ada, di bidang keagamaan misalnya.

“Kami juga siap meningkatkan kualitas kader guna menghadapi revolusi industri 4.0. Serta berupaya secara maksimal dalam mengoptimalkan peran IPNU dalam Suistanable Development Goals,” tambah Aswadi.

Dilansir tribunnews.com, Aswandi sebelumnya memang dikenal sebagai kader IPNU yang sudah pernah menempati sejumlah jabatan dari tingkat daerah. Pada tahun 2012-2015 ia pernah menjabat sebagai Ketua PW IPNU Jambi dan kemudian dipercaya menjadi Wakil Sekretaris Umum PP IPNU (2015-2018). (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang
Tagged