Kegiatan

Di Masa Pandemi, Marching Band Madah Bahana UI Latihan Berkala Secara Daring

JAKARTA - Penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia sejak bulan Maret 2020 silam hingga hari ini masih berlangsung. Hal itu telah membuat proses belajar di tingkat pendidikan tinggi dan sekolah dilakukan dari rumah atau secara daring. Selain itu, kondisi pembatasan sosial di masyarakat juga turut memengaruhi kegiatan pengembangan mahasiswa di kalangan universitas.

Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak aktif, Marching Band Madah Bahana Universitas Indonesia (MBUI) tetap eksis berkegiatan. MBUI merupakan satu dari banyaknya Unit Kegiatan Mahasiswa yang melakukan Latihan Jarak Jauh (LJJ) demi mencegah kemungkinan terpapar virus Corona.

Latihan Jarak Jauh menggunakan IGTV Instagram

Ketua Umum Madah Bahana Universitas Indonesia, Christabel Fidelia, menyatakan dalam kondisi pandemi, seluruh pasukan MBUI tetap berlatih dari rumah. Pasukan MBUI pun mengabadikannya secara rutin melalui Instagram.

“Di kondisi pandemi ini, pasukan MBUI 2020 menjalankan program Latihan Jarak Jauh (LJJ) dengan mengunggah video via IGTV (Instagram TV) pada waktu yang ditentukan. Setiap minggunya pasukan juga akan tetap latihan dengan pelatih dari masing-masing section via Zoom,” katanya, Sabtu (27/6/2020).

Salah satu Komandan Latihan, Karunia Armadhita, menyatakan bahwa upaya tetap menjalankan latihan bagi setiap anggota MBUI dari rumah merupakan keputusan yang sangat baik. Meskipun kondisi pandemi ini juga memunculkan tantangan baru setiap harinya bagi pasukan MBUI, antara lain pengaturan waktu pelaksanaan PJJ dan latihan.

Dengan menggunakan Instagram, MBUI membuat akun bagi setiap divisi (section) dalam pasukan, baik dari section color guard, perkusi (PIT & battery), dan brass (Low & High). Setiap individu pasukan diwajibkan mengunggah video latihan setiap minggunya ke dalam IGTV dan akan dievaluasi oleh pelatih.

Pandemi, batu loncatan untuk berprestasi

Untuk MBUI, penting bagi setiap anggota untuk menjaga semangat demi menghadapi berbagai tantangan ke depan. Hal itu juga disampaikan oleh Christabel, di mana Latihan Jarak Jauh (LJJ) ini menjadi salah satu persiapan MBUI untuk mengikuti lomba.

“Tantangannya cukup banyak. Selain target teknis pasukan yang harus dipikirkan secara matang, menjaga kondisi non teknis pasukan pun juga jadi tantangan untuk MBUI saat ini,” jelas Abel.

Salah satu anggota section Color Guard MBUI, Zakiah Ruhulaini Hasyim, mengatakan berlatih di rumah memang jauh berbeda dari latihan sebagaimana di kampus. Meskipun demikian, ia tetap berfokus pada mempertahankan motivasi “menjaga kualitas bermain”.

“Meskipun saya kurang yakin bahwa kemampuan saya dapat berkembang dengan berlatih di rumah. Setidaknya saya berpegang pada keinginan saya untuk menjaga kualitas bermain alat. Saya tidak ingin menurun, dan itulah yang jadi motivasi saya,” ujarnya.

Semangat kecil dan sederhana itulah yang menjadi salah satu ciri ketangguhan Madah Bahana UI. Sehingga yang selalu mempertahankan gelar juara di berbagai kesempatan. Dalam kondisi dan situasi apapun termasuk saat pandemi seperti sekarang.

“Tentunya, pasukan MBUI 2020 akan punya cerita tersendiri. Kondisi saat ini itu bukan menjadi batu sandungan untuk MBUI, melainkan menjadi batu loncatan untuk MBUI lebih baik lagi,” pungkas Christabel. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?