Teknologi

Pendidikan Pengenalan IKM Online

MAGELANG - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah memberikan perhatian khusus kepada dunia Industri Kecil Menengah (IKM). Pelaku IKM diberi wadah khusus berupa aplikasi teknologi demi kemajuan usahanya. Mereka di - edukasi bagaimana pengenalan IKM ke dunia online.

Diharapkan aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh kalangan dunia usaha dan menjadi sarana bagi Kabupaten Magelang menuju smart regency. Sebagaimana misi Bupati Magelang pada Rencana Pembagunan Jangka Menengah selama 5 tahun ke depan.

Aplikasi berbasis website terkait Industri Kecil dan Menengah dilauncing secara resmi Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang Endot Sudiyanto, S.Sos Selasa, (9/10/2018) di Ruang Pertemuan Disperinnaker. Menurutnya, aplikasi ini akan sangat bermanfaat bagi para stakeholder yang membutuhkan data terkait IKM sekaligus media promosi bagi produk IKM.

“Sudah saatnya IKM Kabupaten Magelang ini memanfaatkan media informasi di era revolusi industri 4.0 yang didengungkan pemerintahan saat ini,” kata Endot.

Bagi masyarakat yang akan melakukan transaksi bisnis bisa menghubungi kontak person yang ada di masing-masing produk yang disajikan lengkap dengan harganya. Selain bermanfaat bagi kalangan dunia usaha secara umum, aplikasi ini juga berguna bagi stakeholder yang membutuhkan database IKM.

Seperti perguruan tinggi/mahasiswa untuk penelitian, kalangan pengambil kebijakan industri dan sarana bagi pengusaha IKM sendiri untuk dapat mengupload produk di aplikasi. Aplikasi ini bisa dilihat baik dengan media handphone/smartphone dan komputer yang telah tersambung dengan internet. Sehingga, bisa secara luas diakses oleh publik.

"Pembentukan aplikasi berbasis website SIDAK IKM ini adalah inovasi Disperinnaker untuk menyajikan basis data IKM dan media promosi yang berguna bagi peningkatan penjualan produk industri. Sistem informasi ini dapat dilihat di alamat http://sidakikm.magelangkab.go.id," jelas Kasubbag Program dan Keuangan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang, Adib Bahari SH, ME.

Sistem informasi ini berisi database industri kecil menengah. Terdiri dari nama IKM, pengusaha, foto produk dan harga serta lokasi usaha berbasis memanfaatkan googlemaps. Sehingga tampak persebarannya di Kabupaten Magelang. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?