Daerah

Mahasiswa IT Telkom Padukan Pancasila dan Bulan Suci Ramadhan

PURWOKERTO - Momentum Hari Pancasila jatuh pada Juni, bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Untuk mengenalkan pentingnya Pancasila, para mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah menggelar acara khusus. Bersama 100 anak yang berada di panti asuhan dan Pondok Pesantren Anwarush Sholihin, mereka menggelar kegiatan Buka Bersama Anak Panti Asuhan yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Dalam acara ini terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan. Seperti, menonton film bersama, diskusi tentang nilai – nilai Pancasila serta kuliah tujuh menit (kultum).

“Acara ini mengajarkan kita berbagai manfaat. Seperti membangun jiwa nasionalisme, mengenal indahnya berbagi kepada sesama, dan lebih mendalami nilai – nilai dari keagamaan,” kata Dosen sekaligus Kepala Bagian Kemahasiswan Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) Riyatno, S S., M.Hum.

Buka Bersama Anak Panti Asuhan ini merupakan kegiatan rutin UKM Manggala setiap memasuki bulan suci Ramadhan. Diharapkan para mahasiswa harus kompak setiap adanya kegiatan, baik di kampus maupun yang dilakukan diluar kampus.

Kegiatan ini dimulai dengan acara nonton bareng film dokumenter yang berkaitan tentang nilai – nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari – hari. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan diskusi mengenai nilai – nilai Pancasila serta kultum (kuliah tujuh menit) oleh salah satu ustadz di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Anwarush Sholihin.

Memasuki adzan maghrib, diadakan pembagian takjil untuk anak – anak. Setelah pembagian takjil, dilanjutkan dengan pembagian makan yang disantap secara bersama - sama.

“Kami sangat senang dapat berkumpul dengan kakak – kakak dari UKM Manggala ITTP. Karena kami dapat belajar banyak hal dan kami bisa berbagi cerita bersama kakak dari kampus yang dikenal dengan pengetahuan ICT. Kami berharap kakak – kakak dari ITTP dapat mengadakan kegiatan semacam ini kembali,” ucap Uswatun Khasanah, salah satu anak dari Pondok Pesantren tersebut.

Pimpinan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Anwarush Sholihin, KH. Nur Chafidz AD mengatakan,sangat berterima kasih kepada mahasiswa ITTP yang telah mengadakan kegiatan di tempat tersebut.

"Semoga kegiatan ini dapat menjadi ladang pahala bagi kita semua, Amin Ya Robbalamin,” katanya.

Apa Tanggapan Anda ?