Penyerahan secara simbolis. Mendapat kepercayaan dari Badan Standardisasi Nasional, UM Magelang kini memiliki SNI Corner di bagian Gedung PMB Kampus 2 UM Magelang, Jawa Tengah.

Daerah Featured

Di Magelang Sudah Ada SNI Corner Lho..


MAGELANG – UM Magelang bekerjasama dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN) mengembangkan pusat layanan SNI (Standar Nasional Indonesia) Corner. Layanan yang berada di gedung Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Kampus 2 UM Magelang, Kecamatan Mertoyudan ini resmi dibuka Rektor UM Magelang Ir Eko Muh Widodo MT.

BSN merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggung jawab terhadap pengembangan dan pembinaan standarisasi di Indonesia. Layanan ini dapat memudahkan produk – produk lokal untuk mendapatkan syarat standarisasi.

“Dengan adanya SNI Corner di UM Magelang, para stake holders tidak perlu datang ke Jakarta untuk mendapatkan syarat standardisasi. Cukup datang ke UM Magelang saja,” kata Justinus Kristianto Widiwardono M.IT, Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi BSN.

Layanan ini dapat juga dimanfaatkan mahasiswa untuk mengenal lebih jauh tentang proses mendapatkan standarisasi produk. Diharapkan dapat menjadi pengetahuan tersendiri sebagai nilai tambah bagi mereka.

SNI Corner diharapkan dapat menjadi inisiasi untuk mengenalkan standar kepada mahasiswa UM Magelang. Sehingga saat bekerja kelak, mereka telah memiliki pemahaman tentang standar sebagai nilai tambah,” ungkap Kris.

Lebih jauh rektor juga mengungkapkan bahwa di Magelang banyak UKM dan IKM yang perlu disentuh berkaitan dengan produk. Termasuk diantaranya produk pertanian, seperti buncis dan terong yang telah diekspor.

Sementara itu, Dekan FT UM Magelang yang juga menjadi ketua pelaksana kegiatan Yun Arifatul Fatimah  Ph. D mengatakan, dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi BSN dengan UPT Perpustakaan UM Magelang. Penandatanganan kesepakatan ini berkaitan dengan penyebarluasan dan pemanfaatan informasi standardisasi melalui SNI Corner.

Ia menambahkan, usai peresmian akan dilanjutkan dengan Training of Trainer (ToT) Pemanfaatan Informasi Standardisasi yang diikuti 30 peserta. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari Forum for Economic Development and Employment Promotion (Fedep) Magelang, Dinas Perdagangan  dan Industri Tenaga Kerja (Disperinaker), Bappeda Kota dan Kabupaten Magelang, Perpustakaan Kota dan Kabupaten Magelang, dekan serta perwakilan dosen dan mahasiswa UM Magelang.

“Para peserta ToT nantinya diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam penyampaian informasi terkait dengan SNI dengan memanfaatkan SNI Corner,” kata Yun.

Apa Tanggapan Anda ?