Daerah

Porseni PT Keagamaan Islam Swasta, Bersainglah dengan Pemenang

MAGELANG - Kampus Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang), Jawa Tengah menjadi tuan rumah Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) ke-IV se-Jawa Tengah. Diharapkan kegiatan Porseni tidak hanya dimaknai sebagai sebuah kompetisi olahraga dan seni untuk mendapatkan juara. Lebih dari itu, kegiatan tersebut harus dimaknai sebagai upaya untuk membangun keakraban dan rasa kekeluargaan seluruh peserta Porseni.

Dra. Widyartini, M. Pd, dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berharap, melalui kegiatan Porseni, akan lahir talenta-talenta baru di bidang olahraga dan seni. Nantinya mereka bisa mengharumkan nama Jawa Tengah. Hal itu disampaikan saat pembukaan kompetisi di kampus II Lapangan Fikes UM Magelang.

Pada kesempatan itu, ada 4 cabang olahraga dan seni yang dikompetisikan. Yaitu futsal, bulutangkis, musabaqoh tilawah quran dan musabaqoh qira’atil kutub. Porseni ke-IV ini dilaksanakan dari Sabtu-Minggu, 17-18 November 2018 dengan tema “Membangun Sportivitas, Kreativitas dan Mempererat Silaturahmi”.

Rektor UMMagelang, Ir. Eko Muh Widodo, MT menyampaikan agar peserta Porseni dapat bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas, jujur, dan fairplay. Kegiatan yang digelar setiap dua tahun sekali ini, dan diikuti 744 peserta dari 37 kontingen Perguruan Tinggi.

Sementara, Pimpinan Forum PTKIS, Dr. H. A. Mufrod Teguh Mulyo, M.H menyampaikan jika tujuan Porseni salah satunya untuk mengembangkan apresiasi seni dan budaya nasional terhadap para mahasiswa. Juara umum Porseni ke-IV akan membawa piala bergilir Kopertais Wilayah X Jawa Tengah.

"Oleh karena itu, bersainglah dengan pemenang niscaya menjadi juara di saat menang dan tetap terhormat di saat kalah. Jangan bersaing dengan yang kalah, kalau menang pun belum menjadi juara,” jelas Mufrod. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?