Daerah Kegiatan

Hambat Penyebaran Covid-19, Unimed Gelar Ujian Skripsi Online

MEDAN – Menindaklanjuti arahan Presiden RI dan Mendikbud bahwa sekarang saatnya bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah di rumah, Universitas Negeri Medan (Unimed) gelar Ujian Skripsi Online. Hal itu dilakukan untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19.

Terkait tindak lanjut arahan itu Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes, mengeluarkan surat edaran yang salah satu poinnya adalah melakukan ujian tugas akhir skripsi, tesis, disertasi tanpa dihadiri dosen penguji atau mahasiswa yang diuji, atau dilaksanakan secara online.

Dilansir dari laman unimed.ac.id (23/3/2020), Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Dra. Nurmala Berutu mendorong agar pelaksanaan kegiatan akademik tetap berjalan dengan baik, dan dilakukan ujian skripsi secara online perdana (23/03/2020). Ujian skripsi online dilakukan dari rumah masing-masing dosen penguji dan mahasiswa dan dimoderator oleh Ketua Prodi Antropologi Dr. Rosramadhana, M.Si di kantor Kaprodi Pendidikan Antropologi FIS lantai 2.

Diapresiasi Rektor

Seminar prosposal dan Ujian skripsi online di FIS dilakukan selama 2 hari mulai tanggal 23 Maret 2020. Usai menyaksikan mahasiswa presentasi Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, menyampaikan apresiasi kepada dosen Prodi Pendidikan Antropologi, karena telah melakukan ujian skripsi online ini. Dia sangat berterima kasih kepada FIS Unimed karena kebijakan dalam mendukung pencegahan penyebaran COVID 19 dengan melakukan ujian skripsi secara online.

“Kegiatan akademik di Unimed harus tetap berjalan secara maksimal, tidak boleh dihentikan, apapun alasannya, karena kita tidak mau mahasiswa dirugikan,” ujarnya.

Gultom mengatakan kondisi saat ini yang kurang mendukung kegiatan akademik berjalan dengan baik karena pencegahan Covid-19, harus disikapi dengan arif dan bijaksana. Semoga hal yang baik ini bisa diikuti semua civitas, untuk tetap menjalankan tupoksi masing-masing fungsionaris dan dosen.

Gultom menandaskan untuk tetap melakukan ujian seminar proposal, ujian kompri, ujian skripsi, tesis dan disertasi jika semua persyaratan sudah terpenuhi. Jika tidak memungkinkan dilaksanakan seperti biasa di kampus, ujian tersebut bisa dilaksanakan secara online.

“Fasilitas jaringan kita di kampus sudah memadai kok,” tandasnya.

Dipantau Maksimal

Sementara itu, Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, mengucapkan terima kasih kepada Rektor yang ikut hadir menyaksikan ujian skripsi secara online di FIS. Pihak FIS akan terus komitmen untuk tetap melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dalam kegiatan akademik. FIS akan terus memantau secara maksimal agar proses perkuliahan tetap berjalan dengan baik.

“Seminar proposal, ujian kompri, ujian skripsi juga harus tetap dilaksanakan baik manual di kantor atau secara online. Kami yakin semua dosen dan mahasiswa Unimed pasti bisa melaksanakan ujian tugas akhir secara online,” tukas Nurmala. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?