Lowongan Nasional

Pendaftaran Guru Bina untuk Sekolah di Malaysia Dibuka, Anda Berminat?

MEDAN - Kembali Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Ditjen GTK Kemendikbud membuka rekrutmen calon guru Bina Tahap XI Tahun 2020. Para guru dimaksud nantinya akan ditugaskan di Community Learning Center (CLC) selama 2 (dua) tahun. Perekrutan dilakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan guru untuk pendidikan anak-anak Indonesia di Malaysia

Pendaftaran akan dilakukan secara online, dengan cara mengakses http://ppk.pgdikdas.kemdikbud.go.id/clc_siln/. Dengan persyaratan pendaftar merupakan warga negara Indonesia (WNI), bukan guru ASN, berusia maksimal 40 tahun saat mendaftar, minimal berpendidikan S1/D4, dan sehat jasmani dan rohani. Pendaftaran dibuka mulai dari tanggal 22 April – 24 Mei 2020.

12 Formasi Guru

Pada Seleksi Guru Bina Tahap 11 Tahun 2020 ini ada 12 formasi yang dibutuhkan yakni Guru Kelas, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika. Juga PJOK, PPKN, Seni Budaya, Agama Islam, Agama Kristen dan Agama Protestan. Ada 4 tahapan proses seleksi yang akan dilakukan yakni Seleksi Administrasi, Tes Kompetensi dan Peer Teaching. Serta  Psikotes, Leaderless Group Discussion (LGD) dan wawancara.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengimbau agar para lulusan Unimed dan masyarakat umum yang memenuhi kualifikasi segera mendaftarkan diri. Program ini merupakan salah satu jalan kita terutama para lulusan untuk berbakti kepada negara. Dengan membantu memberikan Pendidikan bagi anak-anak pekerja migran Indonesia (PMI) yang berada di negeri jiran.

"Sebagai lulusan dari kampus yang mencetak guru dan mempunyai slogan “membangun negeri dari sekolah". Di sinilah saatnya kita mengulurkan tangan kita sebagai pendidik kepada anak-anak Indonesia di sana agar mereka dapat menggapai masa depan yang gemilang,” ujar Rektor di ruang kerjanya, Kamis (23/4/2020).

Sebagai lulusan yang telah dibentuk karakternya serta diberi bekal lewat kurikulum KKNI dan 6 tugas selama duduk di bangku kuliah, maka melalui program inilah para lulusan dapat mengimplementasikan ilmunya. Sebagai lulusan UNIMED para lulusan harus dapat menunjukkan kemampuannya di luar terutama di bidang keguruan.

“Karena itu diharap semua lulusan UNIMED yang berakhlak mulia, berkomitmen dan berdedikasi tinggi. Inovatif, kreatif, memliki life skill dan seni budaya agar dapat mengikuti seleksi guru Bina Tahap XI Tahun 2020,” harap Gultom. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?