Daerah

Mahasiswa Teknik Bangunan Unimed Diharap Berinovasi dalam Bidang Perumahan

MEDAN - Pengetahuan dan wawasan mahasiswa mengenai penerapan sistem pracetak dalam upaya percepatan pemenuhan kebutuhan rumah perlu ditingkatkan. Rumah merupakan kebutuhan primer yang tak terpisahkan bagi masyarakat. Demikian ditandaskan Dekan FT Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd.

“Program pembangunan rumah nasional dari pemerintah untuk rakyat tersebut gencar dilakukan, untuk mendorong pembangunan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan rakyat menjadi lebih baik,” katanya.

Hal tersebut disampaikan saat kuliah umum bagi mahasiswa Jurusan Teknik Bangunan FT Unimed dengan tajuk “Penerapan Sistem Pracetak dalam Upaya Percepatan Pemenuhan Kebutuhan Rumah” di Ruang Serbaguna Fakultas Teknik Unimed, Selasa (10/3/2020).

Acara ini mengundang Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan, Kementerian PUPR Rusli, M.T sebagai pemateri tunggal.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, lanjutnya, maka kuliah umum ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya pengembangan perumahan di wilayah I Medan.

“Kiranya mahasiswa dapat mengembangkan inovasinya dalam bidang perumahan," tandasnya.

Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Dekan I Dr. Rosneli, M.Pd., Wakil Dekan II Dr. Eka Daryanto, M.T., Wakil Dekan III Prof. Dr. Nathanael Sitanggang, M.Pd., Kajur dan Kaprodi Teknik Bangunan, serta Dosen Teknik Bangunan Unimed.

Dalam paparannya, Rusli menjelaskan Paradigma pembangunan yang bersifat konsumtif diubah menjadi produktif. Pembangunan harus dimulai dari pinggiran daerah dan desa-desa, dengan meningkatkan sumber daya, memanfaatkan IPTEK, dan mental yang kreatif dan inovatif.

“Salah satunya dengan membuat sistem pracetak sebagai solusi percepatan pembangunan rumah, seperti teknologi Balitbang pada e-katalog pembangunan kementerian PUPR,” tandasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?