Tumbuhkan jiwa nasionalis, Kodim Magelang memberikan wawasan kebangsaan pada SMP Kartika Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Daerah

Disiplin Itu Kunci Keberhasilan

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Kepada para pelajar agar senantiasa menerapkan pola hidup disiplin. Sehingga, dalam kehidupan sehari-hari semuanya bisa berjalan sesuai dengan pola yang sudah direncanakan. Disadari atau tidak, disiplin merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi seseorang.

“Disiplin harus diterapkan pada setiap kesempatan, baik saat di sekolah maupun di rumah,” kata Danramil Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Kapten Arm Mashudi Pitoyo.

Ia menyampaikan itu saat Kodim 0705/Magelang menggelar penyuluhan wawasan kebangsaan di SMP Kartika XII-1 Mertoyudan. Sekitar 250 pelajar kelas VII, VIII dan IX SMP Kartika XII-1 menerima materi wawasan kebangsaan yang disampaikan perwira Kodim 0705/Magelang. Siswa diberikan materi tentang empat pilar kebangsaan dan pembinaan karakter.

“Tujuannya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, serta menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam semangat persatuan, kesatuan dan kebersamaan kepada segenap komponen bangsa,” jelasnya.

Pembinaan karakter yang diberikan merupakan suatu kegiatan yang diharapkan mampu membentuk pelajar atau generasi muda yang mempunyai kepribadian yang baik. Itu sesuai dengan azas – azas Pancasila. Ia menekankan kepada seluruh pelajar agar senantiasa menjunjung etika dan tata krama, sopan santun dan taat kepada orang tua dan guru.

Dihadapan para guru dan siswa SMP Kartika XII-1, Kapten Arm Mashudi Pitoyo berharap agar generasi muda sekarang khususnya pelajar agar menghindari dan mencegah kenakalan remaja. Mengakhiri kegiatan di ruangan, Mashudi Pitoyo meminta kepada seluruh pelajar untuk bisa menggunakan alat komunikasi (HP) secara bijak dan sesuai dengan kebutuhan.

Selain mendapatakan materi wawasan kebangsaan para pelajar juga diberikan materi peraturan baris – berbaris. Serta, permainan (out bond) yang dipandu para personel dari Kodim 0705/Magelang.

“Hendaknya HP digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi yang bersangkutan,” pinta Pitoyo.

Sementara itu, Kepala SMP Kartika XII-1, Asrul, S.Pd mengapresiasi kegiatan pembinaan siswa melaui peningkatan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan Kodim Magelang. Kegiatan ini dapat memotivasi pelajar untuk lebih giat dan lebih rajin dalam belajar. Selain itu juga untuk melatih disiplin para siswa.

“Sekolah berharap kegiatan seperti ini supaya dilanjutkan pada waktu – waktu yang akan datang,” kata Asrul.

Apa Tanggapan Anda ?