Nasional

Jangan Lupa Finalisasi, Pendaftaran SNMPTN Ditutup Besok

JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 dibuka sejak Jumat (14/2/2020) pukul 14.00 WIB dan akan berakhir pada 27 Februari 2020, pukul 23.59 WIB.

Melansir dari lampost.co, data yang terbit 24 Februari 2020, terdapat 363.563 siswa telah mendaftar. Namun masih ada 71.270 siswa yang belum melakukan finalisasi.

Humas BPPMB Komarudin mengatakan siswa dinyatakan terdaftar SNMPTN setelah melakukan finalisasi. Jika tidak melakukan finalisasi maka peserta tidak bisa mencetak kartu tanda peserta.

"Jadi bagi peserta yang belum finalisasi dianggap belum mendaftar dan tidak bisa mengikuti ujian," katanya.

Siswa yang bisa mendaftar SNMPTN adalah siswa yang dinyatakan eligible atau hasil pemeringkatan sekolah. Terdapat 561.512 siswa yang dinyatakan eligible dan bisa mendaftar SNMPTN. Jumlah tersebut berasal 14.380 sekolah secara nasional.

Proses pendaftaran tersebut akan ditutup pada 27 Februari 2020 besok. Untuk itu, Komar mengimbau para peserta agar segera melakukan finalisasi.

Dikutip dari tribunnews.com, proses pendaftaran akan dinyatakan selesai apabila siswa sudah melakukan finalisasi. Dikatakan sudah melewati tahap finalisasi bila sudah menyelesaikan tahap hingga cetak kartu peserta.

Siswa yang sudah menyelesaikan tahap hingga cetak kartu, tidak bisa lagi melakukan perubahan data dengan alasan apapun. Maka dihimbau untuk semua siswa agar segera melakukan pendaftaran SNMPTN 2020, dengan waktu yang tersisa.

Sementara itu LTMPT menyampiakan tentang pendaftaran SNMPTN bagi Penerima KIP Kuliah. Sesuai dengan siaran pers dari biro kerja sama dan hubungan masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 25/Sipres/A6/II/2020, tentang Bantuan Biaya Pendidikan KIP Kuliah, disampaikan beberapa informasi.

Informasinya, keluarga yang tidak mampu dipersilahkan untuk mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah di laman http://kip-kuliah.kemendikbud.go.id/.

Pendaftaran untuk mendapatkan KIP Kuliah ini dijadwalkan dilaksanakan dari mulai awal Maret hingga 31 Maret 2020. Sementara calon mahasiswa yang sudah mendapatkan KIP Kuliah dimohon untuk melakukan pendaftaran SNMPTN 2020.

Dikutip dari kompas.com, berikut 5 poin tahapan pendaftaran SNMPTN bagi penerima KIP Kuliah berdasarkan rilis terbaru LTMPT.

1. Daftar KIP Kuliah

Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, disilakan mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni awal Maret - 31 Maret 2020.

2. Daftar SNMPTN bila sudah memiliki KIP Kuliah

Calon mahasiswa yang sudah memiliki KIP Kuliah dimohon melakukan Pendaftaran SNMPTN 2020, sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari 2020 (pukul 14.00 WIB) sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59 WIB).

3. Daftar SNMPT untuk pendaftar/calon penerima KIP Kuliah

Calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki KIP Kuliah (calon penerima KIP) dimohon tetap melakukan pendaftaran SNMPTN 2020 sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari 2020 (pukul 14.00 WIB) sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59) sampai mengisi prodi dan PTN.

4. Finalisasi SNMPTN pendaftar/calon penerima KIP Kuliah

Bagi calon mahasiswa poin 3 diberi kesempatan untuk melalukan finalisasi sampai dengan akhir Maret 2020.

5. Sinkronisasi Data

Setelah masa pendaftaran KIP Kuliah berakhir, akan dilaksanakan Kegiatan Sinkronisasi Data antara Datar Pendaftaran SNMPTN di LTMPT dengan Data Penerima KIP Kuliah untuk keperluan seleksi. Pendaftaran dianggap sah bila sudah melakukan finalisasi. Siswa yang tidak memfinalisasi dianggap belum/tidak mendaftar SNMPTN.

Dengan kata lain, calon penerima KIP Kuliah tetap harus mendaftar SNMPTN sesuai jadwal, yakni yakni 14 Februari 2020 (pukul 14.00 WIB) sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59), hingga tahap mengisi prodi dan PTN, namun jangan finalisasi dahulu.

"Pendaftaran KIP Kuliah dimulai awal Maret mendatang. Boleh saja sudah mulai mendaftar dan mengisi informasi-informasi yang perlu dicantumkan di pendaftaran SNMPTN, tetapi kami imbau untuk jangan finalisasi terlebih dulu. Jika pendaftaran KIP Kuliah sudah rampung, baru pendaftaran SNMPTN dapat difinalisasi dan cetak kartu," jelas Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?