Siswa-siswi SMP Mutual Kota Magelang sedang mendengarkan materi yang diberikan penyuluh.

Daerah

Ajak Siswa Perangi Narkoba


MAGELANG – Berbagai cara dapat dilakukan untuk memerangi narkoba kepada diri siswa. Narkoba bisa menyasar siapa saja, termasuk kalangan pelajar. Agar hal itu tidak sampai terjadi, SMP Muhammdiyah 1 Alternatif (SMP Mutual) Kota Magelang, Jawa Tengah membentengi siswa-siswinya. Caranya, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat memberikan penyuluhan pola hidup sehat tanpa narkoba ke mereka.

Kesempatan ini menghadirkan dari Psikolog Klinis RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, Swastika Wulan M Psi. Materi yang disampaikan tentang NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Aditif).

“Remaja yang cerdas adalah remaja yang tanpa NAPZA,” katanya di sekolah setempat.

NAPZA merupakan bahan/zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan atau psikologi seseorang. Baik pikiran, perasaan dan perilaku serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi.

“Mencegah dari NAPZA bisa dengan cara menjalankan cara hidup sehat atau mengubah kondisi lingkungan yang memungkinkan orang menggunakan NAPZA. Pencegahan penyalahgunaan NAPZA dapat dimulai sejak dini,” jelasnya.

Sementara itu, Agus Pratanto, perwakilan Dinas Kesehatan Kota Magelang mengatakan, program penyuluhan pola hidup sehat bagi pelajar merupakan kegiatan yang terus diagendakan. Siswa pun bisa menerapkan hidup sehat.

“Harapannya siswa mampu melaksanakan pola hidup sehat dalam hidup sehari-hari,” tandanya.

Kepala SMP Mutual Wasi’un mengatakan, kegiatan penyuluhan tersebut sangat penting bagi siswa. Harapanya siswa secara mandiri mampu mencegah penyakit.

“Meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat,” jelasnya.

Apa Tanggapan Anda ?